Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone

Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone – Mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas penerimaan sinyal wifi laptop dan smartphone akan sangat membantu sahabat dalam melakukan aktivitas yang memerlukan koneksi internet. Sinyal WiFi yang lemah akan membuat aktifitas internetan kita terganggu, apalagi urutan kecepatan internet di Indonesia menduduki peringkat 122 dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal WiFi kita. Dengan cara-cara berikut ini, sahabat bisa memperkuat penerimaan sinyal dari jaringan WiFi yang bisa diaplikasikan pada smartphone Android, laptop, dan barang elektronik lainnya.
Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone
Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone
Berikut adalah Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone Hingga 2 Kali Lipat:

1. Cari Posisi yang Tepat - Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone

Sinyal WiFi tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya. Jadi, selalu cari posisi bebas dari penghalang agar sahabat dapat berinternetan dengan nyaman.

2. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Saat ini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi lama yang mempunyai kecepatan lambat. Sedangkan N merupakan teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan. Jadi, selalu gunakan versi N untuk untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

3. Jauhi dari Perangkat Elektronik Lain

Tidak hanya router lain yang dapat mengganggu kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini sahabat dapat menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu sahabat juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

4. Gunakan Channel yang Kosong

Jika di wilayah sahabat terdapat banyak orang yang menggunakan router WiFi, maka bisa jadi sahabat berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyalnya menurun. Maka dari itu pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal. Sahabat dapat menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan trik ini.

5. Kontrol Bandwith

Jika sahabat tidak sendiri saat menggunakan WiFi, pasti akan lambat saat browsing. Sahabat bisa mengatur penggunaan bandwith agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwith yang bisa mengakibatkan koneksi lemot.

6. Menggunakan Kaleng Bekas

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai penghantarnya, agar sinyalnya tidak menyebar kemana-kemana, sahabat bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut. Selain dengan kaleng, sahabat juga bisa menggunakan panci atau alumunium foil.

7. Gunakan DD-WRT Firmware

Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya yang cukup efektif adalah dengan menggunakan aplikasi DD-WRT firmware. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk meng-hack router agar kekuatan pemancar sinyalnya menjadi lebih tinggi lagi.

Seperti dikutip dari Lifehacker.com, meskipun cukup berbahaya untuk router namun setidaknya sahabat bisa menaikannya hingga 70 mW. Dengan begitu, jangkauan dari sinyal router sahabat akan bertambah hingga lebih dari dua kali lipat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam opsi keamaan bagi router sahabat.

8. Perbaiki Sistem Keamanan

Sahabat telah menggunakan paket internet yang cepat, namun masih saja lambat saat diakses. Kemungkinan ada orang lain yang menggunakan koneksi WiFi sahabat tanpa sepengetahuanmu. Untuk mencegahnya, gunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2.

9. Gunakan WiFi Repeater

Repeater merupakan sebuah alat untuk menerima sinyal WiFi kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini sangat cocok untuk sahabat yang penerimaan sinyal WiFi-nya buruk.

10. Reboot atau Restart Secara Berkala - Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone

Tidak jauh beda dengan smartphone dan PC. Router akan sering mengalami masalah saat dipakai dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya, sahabat bisa melakukan reboot atau restart router secara rutin agar kondisi router tersebut menjadi segar dan siap digunakan kembali.

itulah bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Penerimaan Sinyal WiFi Laptop dan Smartphone yang dapat menjadi referensi sahabat dalam memanfaatkan Wifi yang ada di sekitar sahabat menjadi lebih berkualitas ketika sahabat menggunakannya dalam melakukan koneksi internet. Demikian dari PenemuanTerbaru.com dan baca ulasan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel