Pantai Tanjung Bira Salah Satu Tempat Wisata Terbaik Provinsi Sulawesi Selatan

Tanjung Bira Salah Satu Tempat Wisata Terbaik Provinsi Sulawesi SelatanSalah satu pantai cantik nan eksotis yang dimiliki Indonesia adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan pantai ini tergolong cukup bersih dengan penataan yang sudah cukup baik. Berbeda dengan pantai pasir putih lainnya yang biasanya memiliki tekstur pasir yang sedikit kasar, hamparan pasir putih di pantai ini memiliki tekstur sangat lembut seperti tepung. Air lautnya yang berwarna biru muda juga cukup jernih dipadu dengan panorama sekitar yang menawan. Banyak wisatawan baik mancanegara maupun dalam negeri yang berkunjung ke pantai ini.
Keindahan Pantai Tanjung Bira


Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan. Pantai ini termasuk pantai yang bersih, tertata rapi, dan air lautnya jernih. Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut . Di lokasi ini baik untuk berenang, berjemur, diving dan snorkling. dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

Untuk menuju ke Pulau Liukang Loe, Anda bisa menggunakan perahu yang banyak disewakan di pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga tersedia tempat penyewaan perlengkapan menyelam. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan kawasan pantai ini dalam waktu yang lama, tersedia juga beberapa vila, bungalow maupun hotel yang bisa Anda sewa. Tidak hanya itu saja, beberapa rumah makan maupun restoran dengan sajian makanan khas setempat pun bisa Anda dapatkan di sini.

Tanjung Bira terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. atau sekitar 40 km dari Kota Bulu Kumba, atau 200 km dari Kota Makassar. yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum dengan waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3 atau 3,5 jam.
Tanjung Bira
Tempat Bersantai di Tanjung Bira

Fasilitas Wisata Pantai Tanjung Bira

Kawasan wisata Pantai Tanjung Bira dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel . Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling .Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut yang masih lengket di badan. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor  Di kawasan pantai juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar.
Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira Saat Matahari Terbenam
Kawasan pantai ini memang sudah terkelola dengan cukup baik dan terbagi menjadi dua sisi pantai, yakni sisi barat serta sisi timur. Namun kebanyakan wisatawan lebih menyukai menikmati sisi pantai bagian barat daripada sisi timur. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, salah satunya adalah snorkeling maupun diving sembari menikmati keindahan bawah lautnya di beberapa spot yang ada di pantai ini. Salah satu spot terbaiknya adalah di sekitar Pulau Liukang Loe, yakni sebuah pulau kecil yang terletak di seberang barat Pantai Tanjung Bira.

Ketahui juga tempat Wisata di Pulau Jawa berikut:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel