Penemuan Harta Karun

Penemuan Harta Karun Beberapa Tahun Terakhir

Penemuan harta karun di beberapa belahan dunia menjadi penemuan yang mencuri perhatian para arkeolog. Harta karun yang benyak ditemukan adalah harta karun yang berasal dari bekas kapal-kapal besar yang telah karam puluhan bahkan ratusan tahun lamanya karena berbagai sebab sperti badai, kecelakaan, atau serangan musuh. Biasanya dalam proses pengevakuasian harta karun ini diperlukan waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun dengan bantuan para arkeolog yang mengerti sejarah atau para pemburu harta karun yang ada di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa penemuan harta karun yang ditemukan di belahan dunia:

1. Penemuan harta karun berupa barang antik abad 14 di kapal yang terbawa tsunami Aceh

Penemuan harta karun ini ditemukan di perairan kabupaten mentawai provinsi Sumatera Selatan berupa brang-barang antik yang diduga berasal dari kapal karam sekitar abad ke-14. Harta karun ini diduga terseret oleh gelombang tsunami Aceh pada 26 Oktober 2010. Kapal ini ditemukan oleh nelayan yang tengah mencari ikan hias dengan panjang sekitar 20 meter dan memiliki sebuah tiang besar utuh dan ditemukan pada kedalaman 18 meter di bawah permukaan laut.

Penemuan Harta Karun Berupa Barang Antik
Pada kapal karam tersenut ditemukan barang antik berupa keramik dan kendi-kendi kuno peningalan dinasti sun China abad 12 – 14. Diduga kapal yang berisikan harta karun ini sebelumnya tenggelam di samudera Hindia kemudian terseret gelombang tsunami sampai di perairan Indonesia. Setelah penemuan harta karun tersebut kemudian tempat atau lokasi penemuan di amankan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

2. Harta karun senilai Rp 4,5 Triliun di kapal karam 208 tahun lalu

Koin Perak
Harta karun senilai 4,5 triliun rupiah ini dulunya berasal dari kapal Spanyol yang karam pada samudera Atlantik sekitar tahun 1804. Penemuan harta karun ini sekarang telah dikembalikan ke pemerintah Spanyol melalui pesawat angkatan udara Amerika Serikat pada tahun 2012 lalu. Harta karun ini berisikan 594 ribu koin perak dan berbagai artefak lainnya yang beratnya mencapai 17 ton dikembalikan atas kerjasama antara pemerintah Spanyol dengan angkatan udara AS. Harta karun ini disebut-sebut oleh para pengamat bahwa barang antik ini merupakan penemuan harta karun dengan harga tertinggi pada kapal karam sepanjang sejarah.

3.Penemuan harta karun bernilai triliunan rupiah di kapal karam Teng Sing

Harta Karun Bernilai Trilyunan Rupiah
Penemuan ini pada tahun 2010 lalu di Belitung yang bernilai trilunan rupiah. Orang yang pertama menemukan harta karun ini adalah seorang  pemburu harta karun yang berasal dari Australia. Kini harta karun yang ditemukan di perairan Belitung ini sekarang berada di musium nasional. Harta karun ini diperkirakan berasal dari sebuah kapal laut yag karam sekitar tahun 1822. Kapal yang mengangkut harta karun ini diperkirakan berbobot 1000 ton dengan ukuran 50 x 10 meter. Sebuah majalah di Jerman menyebutkan bahwa kapal yang mengangkut harta karun ini serta tenggelam di perairan Bangka Belitung disebut-sebut sebagai Titanic abad ke-19.

4. Penemuan harta karun dari kapal karam tahun 1200 SM di Inggris

Penemuan Harta Karun di Inggris
Bangkai kapal karam yang mengangkut barang-barag bernilai ini pertama kali ditemukan pada tahun 2010 lalu di perairang Inggris. Kapal ini mengangkut beberapa artefak yang terbuat dari logam seperti perak, perunggu, dan kuningan dengan berbagai model dan jenis. Penemuan ini merupakan sebuah bukti sejarah atas kehidupan sebelum masehi. Penemuan harta karun ini disimpan di sebuah museum di Inggris, akan tetapi sebelum dibawa k museum, harta karun ini disimpan sementara di Universitas Oxford untuk kemudian dipelajarai oleh para arkeologi. Penemuan ini pertama kali ditemukan oleh seorang penyelam dan menjadi titik terang untuk mendapatkan atau menemukan harta karun yang lebih banyak lagi. Untuk menemukan artefak sebanyak itu diperlukan waktu selama 15 tahun oleh para arkeolog.

5. Harta karun senilai Rp 1,7 Trilyundari kapal karam 131 Tahun

Emas dari Kapal Karam Amerika
Kapal karam yang mengangkut harta karun ini diperkirakan berukuran panjang 85 meter yang beroperasi antara Sentral Amerika dengan pesisir Timur Amerika. Kapal ini mengalami pencarian selama ratusan tahun. Dengan adanya teknologi ROLV kapal ini berhasil ditemukan pada tahun 1988. Emas dan artefak merupakan isi harta karun yang ditemukan pada kapal karam tersebut. Namun keberadaan dari penemuan harta karun ini diperebutkan 39 perusahaan auransi di Ameika dengan alasan mereka membayar ganti rugi atas tenggelamnya kapal tersebut. Kini hasil keputusan atas penemuan tersebut diberikan sekitar 92 % emas diberikan kepada tim yang berhasil menemukannya.

6. Penemuan harta karun 240 ton emas di kapal karam 71 tahun di Irlandia

Penemuan Harta Karun 240 Ton Emas
Penemuan harta karun ini berasal dari sebuah kapal yang karam sekitar tahun 1941 akibat terkena turpedo kapal asal Jerman pada saat menuju Spanyol. Pada tahun 2012 sebuah perusahaan mendapatkan kesempatan untuk mengevakuasi kapal karam ini dan berhak mendapatkan 80% dari keseluruhan harta karun yang berhasil dievakuasi, kemudian sisanya diberikan kepada pemerintah Inggris. Setahun kemudian setelah ditemukannya 240 ton emas tersebut, ditemukan pula perak sebanyak 48 ton yang berjarak kira-kira 4,6 km di bawah permukaan air laut. Dengan penemuan harta karun yang bernilai tinggi tersebut menjadikan penemuan ini merupakan penemuan harta karun yang tersbesar di dasar laut.

Sebenarnya masih banyak penemuan harta karun yang tersebar di seluruh pelosok dunia yang belum terpublikasikan baik itu yang bernilai tinggi maupun yang bernilai rendah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi kita semua, terima kasih. Lihat juga penemuan lainnya di sini.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status