Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar dengan Cara Dimasak

Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar dengan Cara Dimasak - Air merupakan sumber kehidupan karena tanpa air makhluk hidup tidak dapat mempertahankan kahidupannya. Namun kerap sekali air menjadi masalah di lingkungan tempat tinggal seseorang baik itu karena kekurangan air bersih ataukah karena di sekitar lingkungan airnya terasa asin atau bercampur dengan air laut atau payau.
Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar
Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar
Namun jangan khawatir, karena kebutuhan akan air bersih dapat sedikit teratasi dengan cara mengubah air laut menjadi air tawar dengan cara dimasak. Memasak air secara biasa memang tidak akan mengubah air laut menjadi air tawar, namun dengan sedikit teknik sederhana, maka air laut atau asin yang kita masak akan bisa dimanfaatkan sebagai air bersih atau tawar seerti biasanya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat ingin mengubah air laut menjadi air asin, yaitu menyiapkan beberapa peralatan rumah tangga di rumah. Berikut ini alat dan bahan yang sedianya disiapkan terlebih dahulu sebelum mengubah air laut menjadi air tawar.

Bahan:
Bahan ini tentunya adalah air laut atau air asin. (Untuk volumenya terserah anda dan disesuaikan dengan kebutuhan).

Alat Mengubah Air Laut Menjadi Air Tawar:

Adapun alat yang disediakan sebelum melanjutkan ke praktek mengubah iar asin menjadi air tawar yakni panci aluminium untuk memasak yang lengkap dengan panutup berbentuk agak kerucut. Kemudian sediakan juga gelas yang berbahan kaca kemudian dengan massa janisnya lebih besar sehingga nantinya dapat teggelam di dalam air (usahakan tidak lebih tinggi daripada ukuran panci yang telah disediakan sebelumnya). Dan juga tidak ketinggalan kompor atau alat untuk memasak air nantinya.

Sekarang seanjutnya kita akan mempraktekkan bagaimana cara mengubah air laut menjadi air tawar:
  1. Siapkan alat dan bahan yang teah disebutkan sebelumnya, usahakan panci dan gelasnya dalam keadaan bersih atau higenis.
  2. Selanjutnya setelah bahan dan alat telah selesai dipersiapkan, kemudian masukka gelas kaca tadi ke dalam panci aluminium dengan posisi pas di bagian tengah dari panci.
  3. Kemudian berikutnya letakkan panci di atas alat untuk memasak air (panci yang sebelumnya telah diletakkan gelas berbahan kaca di bagian tengahnya). Apabila terjadi pergeseran posisi kaca, perbaiki kembali posisinya, dan usahakan tetap pas di bagian tengah panci.
  4. Setelah itu , lalu masukkan air asin ke dalam panci tadi dengan cara jangan sampai gelas kaca tadi berisi air di dalamnya, karena nanti kelas berbahan kaca tersebut akan terisi air tawar hasil dari pemasakan air asin atau laut yang telah dimasukkan tadi.
  5. Kemudian tutup panci dengan penutupnya, namun yang perlu diperhatikan di sini uasahakan penutup pancinya menghadap bagian lengkungan panci menghadap ke bawah. Fugsinya sebagai tempat menetesnya air masuk ke dalam gelas berbahan kaca tadi. Usahakan panci tertutup rapat sehingga tidak memungkinkan nantinya uap air keluar.
  6. Berikutnya nyalakan api atau alat memasak dan tunggu sampai air mendidih. Untuk banyaknya air tawar yang dihasilkan sangat tergantung pada lama mendidih dan rapatnya penutup panci.
  7. Setelah dirasa air yang telah mengisi gelas di dalam panci telah berjumlah banyak, maka andapun bisa menghentikan untuk memanaskan air dan kemudian bisa langsung memanfaatkan air tawar tersebut.

Mudahkah, naun tetap saja air yang dihasilkan tidak seberapa, namun hal ini sebagai dasar pengembangan alat yang bisa nantinya mengubah air laut menjadi air tawar dengan cara memasaknya sehingga hasilnya nanti bisa melimpah dan bermanfaat bagi masyarakat. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status