Asal Usul dan Jenis-jenis Ikan Cupang (Betta sp.)

Asal Usul dan Jenis-jenis Ikan Cupang (Betta sp.) - Hai sob, kali ini kami dari PenemuanTerbaru.com akan berbagi informasi singkat yang berkenaan dengan ikan peliharaan yang lagi viral saat ini, yaitu ikan cupang.

Janis-jenis Ikan Cupang

Asal Usul dan Jenis-jenis Ikan Cupang (Betta sp.)

Ikan Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Jenis-jenis Ikan Cupang (Betta sp.)

Perkembangan variasi ditinjau dari segi bentuk dan warna terbilang pesat dalam beberapa generasi terakhir. Beberapa jenis cupang yang dikenal sekarang ini mulai dari ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut maupun yang membangun sarangnya dengan busa (bubble nest).

Ikan cupang berikut dalam daftar berikut ini dikenal sebagai mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut, seperti spesies:
  1. Betta pugnax (Forest Betta)
  2. Betta taeniata (Banned Betta)
  3. Betta macrostoma (Bruney Beauty)
  4. Betta unimaculata (Golden Slender)
  5. Betta picta (painted Betta)
  6. Betta anabantoides (Pearly Betta)
  7. Betta edithae (Betta Brederi)
  8. Betta foerschi (Purple Saphire Betta)

Sedangkan kelompok ikan cupang di bawah ini yang merupakan kerabat ikan cupang (betta), yang membangun sarangnya dengan busa (bubble nest), seperti spesies:
  1. Betta akarensis (Sarawak Betta)
  2. Betta coccina (Clorat's Betta)
  3. Betta bellica (Standard's Betta)
  4. Betta tesyae (Peaceful Betta)
  5. Betta smaragdina (Emerald Betta)
  6. Betta imbelis (Slugger's Betta)
  7. Betta splendens (Siamese Fighting Fish)
Jenis ikan cupang lain yang dikenal seperti:
  • Betta albimarginata
  • Betta channoides
  • Betta balunga
  • Betta breviobesus
  • Betta enisae

Jenis Ikan Cupang Hias

Cupang hias dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
  1. Halfmoon (setengah bulan), cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Jenis cupang ini pertama kali dibudidaya di Amerika Serikat oleh Peter Goettner pada tahun 1982.
  2. Crowntail (ekor mahkota) atau serit
  3. Double tail (ekor ganda)
  4. Plakat Halfmoon
  5. Giant (cupang raksasa), cupang jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang jenis ini ukurannya bisa mencapai 12 cm
Namun dilihat dari jenisnya sesuai dengan perkembangan saat ini dari tahun 2020 ke tahun 2021, begitu beragam penaan dari ikan cupang itu sendiri baik dalam aturan IBC dan SNI, ataukah tergantung dari masing masing Breeder yang menghasilkan ikan dari usaha dan kesabaran dalam mengembangbiakkan ikan cupang.

Demikian Asal Usul dan Jenis-jenis Ikan Cupang (Betta sp.) yang dapat kami bagikan ke sahabat. Saran dari sahabat kami harapkan jika ada kekurangan dalam tulisan kali ini. SALAM SATU AIR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel