Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak – Modern ini tidak dapat dipungkiri bahwa begitu banyak anak-anak di bawah usia sekolah atau bahkan usia sekolah dasar telah mengelami kecanduan menggunakan gadget. Kalau gadget lepas sebentar saja dari tangan, sahabat cenderung merasa gelisah. Sekarang, hal ini juga dialami oleh anak-anak, bahkan balita. Sebagai orang dewasa, tentu kita khawatir hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Apakah kamu punya adik, keponakan, atau anak yang sudah kecanduan gadget? Kali ini PenemuanTerbaru.com mau berbagi cara efektif untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak.
cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak-anak
Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak
Memperkenalkan teknologi di usia dini merupakan hal yang baik. Namun, anak-anak harus tetap diawasi dan dibatasi. Jangan sampai mereka kecanduan dan terus-terusan bermain dengan gadget. Tapi kalau sudah terlanjur, kamu bisa lakukan cara-cara berikut:

1. Jangan Gunakan Gadget di Depan Anak-anak - Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak

Anak-anak cenderung mengikuti kebiasaan orang dewasa. Kalau kamu selalu terlihat sibuk dengan gadget, mereka akan berpikir bahwa itu hal yang seru. Jadi, usahakan tidak terlihat oleh anak-anak saat kamu berkutat dengan gadget.

2. Batasi Waktu Bermain Gadget

Jangan biarkan mereka bermain gadget seharian. Berikan batasan misalnya tiga jam saja dalam sehari, atau hanya boleh saat hari libur saja.

3. Berikan Alternatif Mainan Lain

Kalau ada mainan lain yang lebih seru, mereka pasti akan berpaling dari gadget-nya. Coba berikan mainan lain yang menarik dan edukatif, misalnya LEGO.

4. Ajak Mereka Bermain di Luar - Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak

Aktifitas luar ruangan mampu meningkatkan kemampuan motorik dan sosial anak. Jadi, sering-seringlah mengajak mereka bermain di taman, berlari-larian, berenang, dan sebagainya.

5. Batasi Tontonan Mereka

Walaupun kamu suka nonton film yang enggak-enggak, jangan tularkan kebiasaan itu pada adik dan keponakan kamu ya! Kamu bisa coba aplikasi HomeTube untuk mem-filter video yang mereka tonton.

Walaupun bagaimana pentingnya teknologi seperti sekarang ini, namun bagi anak-anak penggunaan gedget masih perlu untuk dibatasi. Demikian ulasan dari Penemuanterbaru.com khusus sahanat yang ingin tahu bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak-anak, semoga memberikan manfaat.
Lihat juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status