Macam macam Galaksi yang Ada di Dunia

Macam macam Galaksi – Dalam ilmu astronomi dikenal macam macam galaksi yang ada di jagad raya. Pengertian galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias yang berarti seperti susu. Galaksi yang ada berkisar dari galaksi katai dengan hanya sepuluh juta (107) bintang hingga galaksi raksasa dengan seratus triliun (1014) bintang, yang semuanya mengorbit pada pusat massa galaksi masing-masing.
Macam macam Galaksi
Macam macam Galaksi
Nach untuk lebih jelasnya, berikut macam macam galaksi yang ada di dunia:

1. Galaksi Bimasakti - Macam macam Galaksi

Galaksi ini ditemukan pada tahun 18 juli 1783, oleh William Hershel yang berasal dari inggris seorang ahli astronom. Adapun ciri-ciri dari galaksi ini:
“Galaksi bimasakti terdiri atas 400 milliar bintang, dengan garis tengah sekitar 130.000 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 9.500 milyar kilometer). Galaksi bimasakti tempat bumi berada dan tata suryanya”.

2. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
“Jaraknya kira – kira 150.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Merupakan galaksi terdekat dengan Galaksi Bimasakti. Bagian kabut Galaksi Magellan telah terjebak oleh perangkap Galaksi Bimasakti sehingga masuk kedalam gugus Bimasakti”.

3. Galaksi Andromeda

Macam macam Galaksi

Macam macam galaksi beriktnya yaitu galaksi andromeda yang bercirikan:
“Jaraknya kira – kira 2.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Mempunyai bentuk lilin atau lensa, sehingga termasuk dalam galaksi bentuk spiral. Intinya sangatr terang dan dikelilingi bintang – bintang yang bewarna merah jambu. Spiral Galaksi Andromeda menyala biru tua karena terdapat bintang yang bermassa besar”.

4. Galaksi Dolar Perak (Silver coin atau Scluptor atau NGC 253)

Ciri-ciri Galaksi Dolar Perak yaitu:
“Jaraknya kira – kira 13.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimsakti. Berbentuk spiral pipih”.

5. Galaksi Roda Bitu (Blue Pinwheel)

Macam macam Galaksi

Galaksi Roda Bitu merupakan salah satu macam-macam galaksi yang memiliki ciri-ciri:
“Berbentuk spiral kecil. Jaraknya kira-kira 2 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Blue pin wheel galaxy merupakan galaksi kecil dan terletak agak dekat dengan bumi sehingga para astronom dapat dengan jelas jelas mengamati bintangnya yang besar”.

6. Galaksi Pusaran Air

Ciri-cirinya:
” Pada bagian tengahnya terdapat bintang yang amat terang. Jaraknya kira-kira 14.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Berbentuk spiral yang terlentang dan terletak agak berdekatan dengan galaksi lain yang mempunyai bentuk tak beraturan”.

7. Galaksi Ursa Mayor

“Galaksi ini memiliki jaraknya sekitar 10.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti dan berbentuk elips serta rapat”.

8. Galaksi Sombrero (M104 atau NGC4594)

Galaksi yang satu ini bercirikan:
“Berbentuk spiral dimana lingkaran luarnya tampak lebih besar layanya topi. Jaraknya kira-kira 28.000.000 dari Galaksi Bimaksakti. Terletak disusunan bintang virgo. Mempunyai inti yang terang dan sebuah sentral yang berlubang besar yang bewarna hitam dan partikel debu dipermukaan yang lereng”.

9. Galaksi Supernova 1987A

Galaksi Supernova 1987A sendiri memiliki ciri yang cukup unik dibandingkan dengan galaksi lainnya. Adapun cirinya:
“Terdapat cincin dan lusinan boda terang. Terdapat satu pecahan bintang yang paling terang yang berusia sekitar 400 tahun”.

10. The Whirlpool Galaxy (M51a atau NGC 5194)

Macam macam Galaksi

Memiliki karakteristis atau ciri:
“Jaraknya kira – kira 234.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Berbentuk spiral. Dapat dilihat dengan teropong biasa”.

11. Galaksi Mata Hitam (Black Eye) - Macam macam Galaksi

Macam macam Galaksi

Ciri-ciri Galaksi Mata Hitam (Black Eye) yaitu:
“Jaraknya kira-kira 17.000.000 tahun cahaya dari Galaksi Bimasakti. Memiliki cincin kabut yang gelap namun pada pada intinya terang”.

12 Grand Spiral Galaxy

Nach untuk macam macam galaksi yang terakhir yaitu Grand Spiral Galaxy. Galaksi ini memiliki ciri-ciri:
“Didominasi oleh jutaan bintang terang dan debu yang bewarna gelap yang dapat terlihat dalam perputaran gravitasi yang mengelilingi diarea sekitar titik tengahnya”.

Demikian Macam macam Galaksi yang dapat PenemuanTeraru.com share untuk sahabat astronomi, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status