Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo Kota Sengkang

Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo - Sahabat kali ini kami akan sedikit berbagi sebuah topik tentang Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo. Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo yang tepatnya berdada di ibukota kabupaten Wajo yaitu Sengkang, tepat di sebelah Barat lapangan Merdeka Sengkang.
Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo
Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo
Lihat juga topik lainnya:

Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo

Masjid yang telah berusia puluhan tahun ini, saat ini di tahun 2016 memiliki tampilan yang baru dengan kesan kesederhanaannya berbalut warna putih dengan kubah berwarna emas. Setelah beberapa bulan terakhir ini, Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo Kota Sengkang telah menjalani renovasi.

Untuk beberapa tahun sejak berdirinya, masjid raya atau masjid agung ini megalami renovasi yang terlihat sangat signifikan, mengapa tidak, karena sebelumnya menara yang berdiri di sebelah timur masjid kini ditiadakan. Tidak heran banyak komentar yang bermunculan mengenai peniadaan menara masjid ini, namun hasil saat ini atau penampilan dari masjid raya saat ini tentunya sangat berbeda dan terlihat lebih sederhana dan tampak lebih indah.

Walaupun belum 100% rampung, namun Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo kedepannya Insya Allah akan menjadi masjid modern namun tetap tidak lepas dari nilai-nilai Islamic masa silam dimana menjadi salah satu cerminan bahwa kota Sengkang merupakan kota santri.


Sekilas Sejarah Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo Kota Sengkang

Sejarah mencatat, peletakan batu pertama  Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo Kota Sengkang dilakukan Presiden pertama RI, Ir Soekarno, 12 Desember 1955. Masjid itu tercatat sebagai cagar budaya. Masjid Raya tersebut dirancang Friedrich Silaban yang dikenal sebagai perancang tugu Monas, Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal dan Gedung Bank Indonesia di Jakarta.

Menurut sejarah bahwa tak banyak bagunan dirancang Friedrich. Saat itu, hanya dia mampu terjemahkan ide-ide Soekarno. Makanya, Masjid Raya Sengkang ini murni ide dari Ir Soekarno. (Hanya Allah yang Tahu).

Ada juga beberapa opini akan adanya perubahan nama masjid yang nantinya ada penambahan nama presiden pertama RI yang juga sebagai peletak batu pertama yaitu Ir Soekarno.

Namun menurut kami sebuah nama tidaklah yang utama, yang paling utama adalah bagaimana Masjid itu dapat dijadikan tempat beribadah kepada IlahiRabbi dengan Khusyu serta nyaman tentunya.

Nach demikian topik kali ini berupa info mengenai Kesederhanaan Masjid Agung Ummul Qura Kab. Wajo yang terletak di kota Sengkang. Semoga bermanfaat. - PenemuanTerbaru.com

Sumber:
PenemuanTerbaru.com Images (Foto Masjid Agung Mummul Qura kab. Wajo 1 Juli 2016)
Sejarah from Upeks

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status