Manfaat Semangka dan Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Semangka

Manfaat Semangka – Berikut ini beberapa manfaat semangka dan efek samping terlalu banyak mengkonsumsi semangka yang akan PenemuanTerbaru.com share untuk sahabat. Sebagaimana diketahui bahwa di dalam semangka terdapat kandungan air sampai 92%, sehingga buah semangka menyegarkan dan juga penuh dengan nutrisi. Semangka memiliki kandungan nutrisi yang signifikan pada vitamin A, B6 dan C, likopen, antioksidan, asam amino, serta sedikit kandungan potassium. Ditambah lagi, buah segar saat cuaca panas ini bebas lemak, rendah sodium, dan hanya mengandung 40 kalori per gelas.
Manfaat Semangka
Manfaat Semangka
Para ilmuwan telah mengamati kandungan likopen yang tinggi pada semangka. likopenmerupakan pigmen berwarna merah yang membuat semangka, tomat, anggur merah, dan jambu berwarna tersebut. Kandungan ini juga berguna bagi kesehatan jantung, tulang, dan pencegahan kanker prostat. Semangka merupakan salah satu buah dengan kandungan likopen tertinggi, dimana terdapat sekitar 15 hingga 20 miligram per 2 gelas.

Untuk benar-benar memaksimalkan kebutuhan likopen, ada baiknya kita mengkonsumsi semangka. Semakin merah semangka yang dikonsumsi, semakin tinggi konsentrasi likopen. Kandungan Beta-carotene dan antioksidan fenolik juga akan meningkat dengan semangka dengan warna merah yang lebih pekat. Akan tetapi, seluruh bagian semangka, terutama yang berwarna pucat dan lebih keras juga ternyata mengandung banyak nutrisi.

Semangka juga mengandung sejumlah asam amino citrulline yang signifikan, yang berubah menjadi asam amino arginine. Asam amino ini akan memperlancar peredaran darah, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan beberapa ilmuwan menyarankannya untuk mengatasi disfungsi ereksi.

Nah untuk lebih jelasnya berikut manfaat semangka serta efek samping terlalu banyak mengkonsumsi semagka:

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, semangka kaya akan likopen yang sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan sekaligus dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Selain manfaat bagi kesehatan jantung, terdapat berbagai manfaat semangka seperti berikut ini:

1. Berfungsi sebagai anti-inflamasi
Buah semangka dapat membantu menjaga ketahanan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Kandungan likopen membuat semangka memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan. Likopen merupakan penghambat pada berbagai proses peradangan dan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. Selain itu, kandungan kolin dari semangka membantu menjaga peradangan kronis tidak bertambah parah, sekaligus membantu menjaga struktur sel dan menyerap lemak.

2. Hidrasi atau Mencegah Dehidrasi
Semangka mengandung 92 persen air, jadi itulah yang membuat buah ini begitu segar saat cuaca panas. Kandungan air mencegah kita dari dehidrasi, dan juga mengandung banyak elektronik baik.

3. Menyehatkan Pencernaan
Semangka mengandung serat, yang membantu kesehatan pencernaan.

4. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut
Vitamin A terkenal baik bagi kulit, dan sepotong semangka mengandung hampir seperempat kebutuhan vitamin A dalam sehari. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan kolagen.

5. Mencegah otot kaku
Studi yang diadakan pada 2013 menunjukkan bahwa meminum jus semangka sebelum berolahraga berat dapat membantu mengurangi otot kaku pada keesokan harinya. Manfaat tersebut disebabkan asam amino citrulline dan aginine yang terkandung pada semangka yang ternyata membantu memperlancar peredaran darah.

6. Mencegah kanker
Seperti buah dan sayuran lainnya, semangka dapat membantu mengurangi resiko kanker melalui kandungan antioksidan di dalamnya. Likopen juga ternyata dapat membantu menurunkan resio kanker melalui properti antioksidan. Likopen tertentu ternyata mampu menurunkan penyebaran sel kanker prostat.

Efek Samping atau Resiko Banyak Mengkonsumsi Buah Semangka

Mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang masih dapat ditolerir tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya atau tubuh akan merasakan manfaat semangka. Akan tetapi, jika setiap kita terlalu banyak mengkonsumsi semangka, bersiap saja menghadapi masalah karena terlalu banyak mengkonsumsi likopen atau potassium yang terkandung dalam buah semangka itu sendiri. Berikut efek samping terlalu banyak mengkonsumsi semangka:
Manfaat Semangka
Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Semagka

1. Menyebabkan Gastrointestinal

Meskipun memang dibutuhkan tubuh, namun lycopene dalam tubuh yang berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan atau gangguan gastrointestinal. Efek yang paling sering terjadi akibat kelebihan lycopene pada pencernaan seperti timbulnya diare, susah buang air besar, kembung, mual hingga muntah.

2. Efek Samping Sebagai Penyebab Hyperkalemia

Karena semangka juga kaya potasium, kelebihan makan semangka bisa menyebabkan kelebihan potasium di tubuh atau disebut juga hyperkalemia. Kondisi hyperkalemia bisa berbahaya untuk kesehatan kardiovaskuler seperti misalnya detak jantung tak beraturan, dan gangguan sistem kerja otot dan syaraf.

3. Melelahkan Kerja Ginjal

Kelebihan potasium juga buruk untuk ginjal karena ginjal akan bekerja sangat keras untuk mengeluarkan kelebihan potasium di tubuh dan ini akan melemahkan kemampuan ginjal karena terlalu sering diforsir. Makan semangka terlalu banyak juga bisa menurunkan tekanan darah hingga sahabat merasa pusing dan lemas.

Demikian yang dapat kami Share khusus untuk sahabat mengenai Manfaat Semangka dan Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Semangka, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status