Ketahui Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan

Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan -  Di era modern ini perlu untuk mengetahui Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan. Sahabat mungkin selalu menggunakan smartphone setiap hari. Selain membuat panggilan dan mengirim SMS, Sahabat mungkin juga menggunakan GPS-nya pada aplikasi maps atau update di media sosial, browsing Internet, dan toko online. Ini adalah beberapa kegiatan yang dapat menempatkan privasi Sahabat dalam resiko.
Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan
Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan
Coba sahabat bayangkan, seberapa banyak aplikasi yang sahabat instal dan gunakan di smartphone sahabat. Beberapa di antaranya ada yang bisa mengumpulkan data dari smartphone sahabat, lalu mengirimnya ke server lain dengan bantuan malware.

Mengetahui Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan dengan mengambil tindakan pencegahan dasar untuk menjaga keamanan smartphone Sahabat adalah hal yang wajib. Nah, berikut ini adalah Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan oleh sahabat.

1. Kunci Smartphone dengan PIN atau Kunci Pola - Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan

 Sudah tidak asing lagi keamanan smartphone dengan PIN ataupun kunci pola. Karena pengaturan yang mudah, simple, dan tentunya smartphone akan aman. Untuk mengaturnya bisa melalui aplikasi maupun dari perangkat smartphone itu sendiri.

2. Gunakan HTTPS Saat Browsing

Saat browsing bahkan belanja di ponsel (atau komputer), sahabat harus selalu mencari URL "https" ini bukan "http". URL https menunjukkan tingkat tambahan keamanan, dan harus muncul pada URL sebelum sahabat akan bertukar informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit saat belanja online.

3. Download Aplikasi dari Sumber Terpercaya - Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan

Jika sahabat ingin men-download aplikasi maupun game, pilihlah web download yang terpercaya, seperti Google Play. Namun, pastikan juga sahabat memeriksa review yang sudah tersedia dan membaca kebijakan privasi untuk melihat fitur aplikasi atau game yang memiliki akses pada perangkat.

4. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi Smartphone Sahabat

Inilah hal penting pada platform jaman sekarang. Pastikan Sahabat melakukan update termasuk update sistem operasi maupun aplikasi-aplikasi yang tersedia di perangkat Sahabat. Pada dasarnya update tersebut akan menambah fitur baru tetapi juga menawarkan keamanan yang diperketat. Selain itu, perangkat Sahabat pun akan semakin aman dan yang jelas up to date.

5. Log Out dari Situs Setelah Melakukan Pembayaran

Di 2015 sudah ada banyak toko online dan pembeli pun meningkat karena tidak perlu lagi ribet keluar rumah untuk belanja apapun. Namun, jika Sahabat sudah melakukan transfer uang atau membeli barang dari toko online dari smartphone, sebaiknya Sahabat langsung logout dari situs tersebut setelah Sahabat selesai. Dan termasuk juga tidak menyimpan username dan password pada smartphone Sahabat. Juga hindari transaksi ketika berada pada jaringan Wi-Fi publik.

6. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth Ketika Sudah Tidak Digunakan Lagi

Wi-Fi dan Bluetooth adalah salah satu cara yang umum digunakan para hacker agar terhubung ke perangkat dan mengakses file Sahabat. Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan akan menjaga data di smartphone Sahabat tetap aman.

7. Rutin Membackup Data Sahabat

Sebagai bentuk pencegahan dasar, melakukan backup juga berhubungan dengan tujuan melindungi dan memulihkan informasi apabila terjadi masalah pada smartphone Sahabat. Tak heran sistem operasi pada saat ini sering mengalami masalah yang mengakibatkan seluruh informasi akan hilang.
Lihat juga:
Demikian share untuk kesempatan kali ini dari PenemuanTerbaru.com mengenai Cara Melindungi Data Pribadi pada Smartphone yang Digunakan, semoga dapat bermanfaat sehingga sahabat senantiasa dapat menjadikan data pribadi sahabat menjadi aman terkendali.

By Jaka

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status