Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango / Sate Bola Nasi Berbalur Saus Manis

Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango - Salah satu masakan khas Jepang yaitu Mitarashi Dango atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Sate Bola Nasi Berbalur Saus Manis. Masakan Jepang yang ini halal kok karena memang bahan dasarnya merupakan bahan dasar masakan yang hahal. Berikut ini PenemuanTerbaru.com akan berbagi Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango yang dapat sahabat buat sendiri di rumah dengan bahan yang mudah di dapatkan di Indonesia.
Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango
Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango / Sate Bola Nasi Berbalur Saus Manis

Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango / Sate Bola Nasi Berbalur Saus Manis

1. Bahan yang disiapkan (Untuk membuat 16 bola nasi bagi 4 orang)
Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango
  • 200 g  nasi putih
  • 1 sendok makan tepung
  • sedikit garam
2. Bahan Saus (Untuk membuat saus)
  • ½ cangkir air
  • 3 sendok makan gula
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan tepung kentang (Bisa diganti dengan tepung jagung bila tidak ada)

Cara Membuat Masakan Jepang Mitarashi Dango

Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango
1
Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango
3

  1. Masukkan nasi ke dalam lumpang saat masih panas, kemudian masukkan tepung. Siapkan secawan air yang telah sedikit diasinkan. Tumbuk nasi hingga menjadi adonan yang lembut menggunakan alu yang telah direndam dalam air asin.
  2. Bagi nasi yang telah ditumbuk menjadi 16 porsi yang sama besar. Lembabkan tangan Anda di dalam air asin dan bentuk tiap bola nasi dengan ukuran sekitar 2 cm.
  3. Siapkan 4 tusuk sate bambu. Masukkan 4 bola nasi pada tiap tusuk sate. Panaskan penggorengan tanpa minyak goreng. Baringkan sate di atas penggorengan dan kecilkan apinya. Panggang hingga berwarna coklat, kemudian balik dan panggang sisi sebaliknya. Pemanggangan lamanya sekitar 5 hingga 6 menit.
  4. Sementara bola nasi dipanggang di atas penggorengan, buatlah sausnya. Berturut-turut masukkan dan aduk gula, kecap asin, air dan tepung kentang dengan urutan seperti itu, di dalam panci
  5. Letakkan panci di atas api, aduk terus-menerus hingga campurannya mendidih. Rebus lagi selama 20 hingga 30 detik hingga campuran mengental dan kelihatan agak tembus pandang.
  6. Begitu bola nasi telah berwarna coklat di kedua sisinya, pindahkan ke piring dan balur dengan sausnya.
Mudahkan! Silahkan sahabat mencobanya sendiri di rumah, dan sahabat dapat menikmati masakan jepang tanpa harus repot-repot ke restoran jepang atau ke Jepang hanya untuk menikmati salah satu masakan jepang Mitarashi Dango ini. Sahabat hanya cukup mengikuti Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango di atas.

Sekilas Informasi Mengenai Orang Jepang dan Bola Nasi - Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango

Dango atau 'bola nasi' merupakan makanan yang umum sehari-hari. Orang Jepang senang mengamati mekarnya Sakura, dan ada istilah 'hana yori dango' atau 'bola nasi menggungguli bunga.' Istilah ini mengungkapkan keinginan untuk sesuatu yang lebih nyata, misalnya bola nasi yang bisa dimakan, dibandingkan bunga Sakura yang hanya bisa dikagumi keindahannya. 'Dango bana' (yang secara harfiah berarti 'hidung bola nasi') menggambarkan hidung yang bulat, dan saat orang mengikat rambut mereka menjadi gelungan kecil, mereka menggunakan ungkapan 'kami wo dango ni suru' yang berarti 'membentuk rambut menjadi gelungan bola.' Bola nasi merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan orang di Jepang.
Lihat juga:
Demikian share kali ini dari PenemuanTerbaru.com mengenai Resep Masakan Jepang Mitarashi Dango / Sate Bola Nasi Berbalur Saus Manis, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. ArigatÔ Gozaimasu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status