Penemu Youtube Lengkap Sejarah dan Perkembangan Youtube

Penemu Youtube - Sahabat PenemuanTerbaru.com, kali ini kami akan sedikit berbagi info mengenai siapa sebenarnya para penemu Youtube. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Youtube merupakan salah satu situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal tahun 2005 silam. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Youtube kimi merupakan salah satu perusahaan besar yang berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Penemu Youtube
Para Penemu Youtube [Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley]
Lihat juga:

Penemu Youtube

Penemu Youtube atau pendiri youtube pertama kalinya yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya mereka merupakan karyawan pertama PayPal.
Menurut info yang diperoleh bahwa si penemu atau pendiri Youtube Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide Youtube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide Youtube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".

Youtube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara bulan November 2005 dan April 2006. Kantor pertama Youtube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada tanggal 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama di Youtube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

Sekilas Sejarah dan Perkembangan Youtube [Penemu Youtube]

Situs Youtube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, Youtube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010.

Pihak youtube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya.  Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 Youtube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000.  Alexa menempatkan Youtube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook. 

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap Youtube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari Youtube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com.   Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli Youtube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. 

Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi Youtube dan pendapatan Youtube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib.  Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan Youtube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya.  Pengunjung Youtube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi. 

Youtube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, Youtube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama Shows. Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney.

Bulan November 2009, Youtube meluncurkan Shows untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010, Youtube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

Sampai tahun 2016 menjelang tahun 2017, situs Youtube dari para penemu youtube (Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim) masih menjadi situs mengunggah, menonton, dan berbagi video serta menonton video terpopuler di dunia. Jadi sejak peluncuran situs Youtube ini, tidak hanya di negara di Benua Amerika saja yang menjadi pengguna youtube, di Indonesia pun saat ini penggunanya semakin hari semakin bertambah.

Nach sudah tahukan siapa sebenarnya para Penemu Youtube atau pendiri youtube. semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Pustaka:
[Wikipedia Indonesia, Google Images, dan Shared oleh http://www.penemuanterbaru.com/]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter