Hakikat Senam Lantai (Pengertian dan Manfaat Senam Lantai)

Hakikat Senam Lantai – Ulasan seputar kesehatan jasmani dalam berolahraga kali ini yaitu hakikat senam lantai. Senam dapat diartikan sebagi setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. Dari arti itu, kita dapat melihat bahwa olahraga senam mempunyai sistematika tersendiri, serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, atau bisa juga diperluas untuk membentuk prestasi, membentuk tubuh yang ideal dan memelihara kesehatan.
Hakikat Senam Lantai
Hakikat Senam Lantai
Lihat Juga:

Hakikat Senam Lantai

Dalam hakikat dari senam lantai, akan diulas seputar pengertian dan manfaat dari senam lantai. Berikut ulasannya:

1) Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, maka gerakan-gerakan/bentuk latihannya dilakukan di lantai. Lantai/matraslah yang merupakan alat yang dipergunakan. Senam lantai disebut juga dengan istilah aktivitas pembelajaran bebas. Oleh karena tidak mempergunakan benda-benda atau perkakas lain pada saat menjalankannya.

Tujuan melakukan senam lantai selain peningkatan melakukan bentuk-bentuk aktivitas pembelajaransenam lantai sendiri adalah juga sebagai aktivitas pembelajaran yang kelak mempermudah melakukan bentuk latihan/gerakan senam dengan alat. Senam lantai dilakukan dalam ruangan dan dapat juga dilakukan di lapangan rumput. Matras digunakan untuk menjaga keamanan dan keselamatan siswa.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari senam lantai adalah sebagai berikut.
  • Hendaknya selalu menggunakan matras.
  • Matras harus diletakkan di atas tanah atau lantai yang rata dan aman dari bahaya.
  • Letakkan matras jauh dari dinding atau benda-benda lain yang akan menyebabkan terjadinya benturan.
  • Periksa matras dan keamanan di sekitarnya yang mungkin dapat mengganggu peserta didik.
  • Aktivitas dilakukan dari gerakan yang mudah dahulu atau tahap demi tahap.
  • Sebelum melakukan aktivitas senam lantai, hendaknya peserta didik melakukan senam pemanasan yang cukup.
  • Peserta didik dilarang melakukan aktivitas sendiri di luar pengawasan guru, kecuali ada peserta didik yang dianggap dapat membantu dan menguasai gerakan senam lantai dengan benar.
  • Agar matras tidak cepat rusak, hendaknya matras dijaga sebaik mungkin dan jaga kesebersihannya serta disimpan di tempat yang aman.

2) Manfaat Melakukan Aktivitas Senam Lantai [Hakikat Senam Lantai]

Ada beberapa manfaat dari senam lantai baik manfaat fisik maupun manfaat mental dan sosial.

  • Manfaat Fisik
Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui berbagai kegiatannya, siswa akan berkembang daya tahan otot, kekuatan, power, kelentukan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangannya.

  • Manfaat Mental dan Sosial
Ketika mengikuti senam, siswa dituntut untuk berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Siswa harus mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak. Dengan demikian, siswa akan berkembang kemampuan mentalnya.

Nach demikian penjelasan mengenai Hakikat Senam Lantai yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Salam Olahraga.

[Hakikat Senam Lantai dalam Penemuan Terbaru]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel