Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed

Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed - Sahabat, kali ini kami akan share sedikit info seputar cara hemat kuota bagi pengguna sosmed (sosial media). Tidak bias dipungkiri bahwa memang saat ini terutama di Indonesia, pengguna social medianya digolongkan terbesar mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan kalangan usia dewasa. Rata-rata penggunaan social media menggunakan smartphone sebagai saran mengkoneksikan jaringan internet, dan tentunya hal ini membutuhkan penggunaan fasilitas kuota data. Masih mahalnya harga kuota di Indonesia memaksa kita untuk pandai berhemat. Apalagi bagi kita pengguna aktif sosial media tentu saja borosnya kuota data akan menjadi mimpi buruk di tanggal tua. Belum lagi penggunaan aplikasi sosial media tersebut juga terlalu banyak menguras penggunaan daya baterai smartphone sahabat. Masalah tersebut juga menjadi persoalan tersendiri mengingat harga smartphone dengan kapasitas baterai yang besar juga masih relatif mahal.
Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed
Cara Hemat Kuota

Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed

Cara atau tips berikut memiliki manfaat, selain dapat membantu penghematan kuota data internet, juga dapat menghemat pemakaian daya baterai smartphone sahabat. Sosmed (Sosial media) yang kami maksud di sini yaitu penggunaan Facebook, Instagram, Twitter, dan SnapChat. Sebelumnya perlu sahabat pahami bahwa cara yang kami share kali ini berhubungan dengan fitur-fitur dari setiap sosial media yang banyak memakai kuota dan tentunya tidak terkontrol atau auto play.


1. Facebook

Aplikasi Facebook memakai data sebanyak 3.63 KB/min di belakang layar. Fitur lain yang turut berperan menguras kuota data adalah fitur autoplay video. Oleh karena itu, fitur tersebut harus dimatikan. Berikut caranya:
Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed

  1. Masuk aplikasi Facebook.
  2. Tap tombol triple-line yang terletak di sudut kanan, kemudian tap pilihan setting.
  3. Tap autoplay dan pilih fitur on WiFi connection only dan never autoplay videos.
  4. Selesai.
Baca selengkapnya: Cara Mematikan dan Mengatasi Pemutar Otomatis Video pada Facebook.

2. Instagram

Aplikasi Instagram ternyata memakai data sebanyak 44.81 KB/min, belum lagi masalah tersebut juga masih bertambah dengan fitur preloading video dan gambar. Jadi bagi kamu pengguna Instagram, mungkin saja penyebab kuota kamu boros adalah fitur preloading tersebut. Berikut cara menonaktifka fitur tersebut.
Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed
  1. Buka aplikasi Instagram, masuk ke halaman profile dan pilih setting.
  2. Tap cellular data use.
  3. Tap ke bawah untuk mengaktifkan fitur use less data.
  4. Selesai.

3. Twitter [Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed]

Twitter sebagai aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia ternyata juga masuk ke dalam aplikasi yang banyak menguras kuota data. Twitter dibelakang layar mengkonsumsi data sebanyak 1.01 KB/min. Fitur yang harus dimatikan dari aplikasi ini adalah fitur auto playing videos. Berikut caranya:
Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed
  1. Masuk ke aplikasi Twitter.
  2. Tap tombol Me di sudut kanan.
  3. Tap ikon gear di atas halaman profile, kemudian pilih setting.
  4. Tap data usage. Kemudian tap video autoplay atau high quality video, pilih pilihan WiFi only atau never.
  5. Selesai.

4. Snapchat

Aplikasi untuk berbagi foto ini setiap harinya diakses oleh ribuan pengguna. Wajar saja jika aplikasi ini juga banyak mengonsumsi kuota data internet. Di belakang layar, aplikasi ini mengonsumsi data sebesar 8 KB/min. Maka dari itu, ada fitur yang harus kita matikan dari aplikasi Snapchat yaitu fitur travel mode dan location. Berikut caranya:
Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed
  1. Buka aplikasi snapchat, gulir ke bawah dan masuk ke halaman layar profile.
  2. Di sudut kanan atas, tap ikon gear.
  3. Gulir ke bawah, dan tap manage untuk mengaktifkan fitur travel mode.
  4. Kemudian uncheck fitur location.
  5. Selesai.
Jadi dengan memilah beberapa fitur yang menjadi fasilitas dalam sosmed yang sahabat gunakan, tentunya hal tersebut dapat memberikan dampak postif bagi penghematan kuota data dan daya baterai smartphone sahabat. Sahabat juga dapat menonaktifkan fitur-fitur lainnya jika terdapat fitur yang menurut sahabat tidak diperlukan dalam kebutuhan akses sosial media milik sahabat. Demikian cara hemat kuota bagi pengguna sosmed (Sosial Media), semoga bermanfaat. [Jaka & Penemuan Terbaru]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter

0 Response to "Cara Hemat Kuota Bagi Pengguna Sosmed"

Posting Komentar