Fase fase Bulan

Fase fase Bulan - Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi. Fase fase bulan itu tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari jika dilihat dari bumi. Fase bulan disebut juga aspek bulan. Aspek bulan yang mudah dilihat dari kedudukan bulan sebagai berikut :
Fase fase Bulan
Fase fase Bulan

1. Konjugasi - Fase fase Bulan

Kedudukan bulan searah dengan matahari. Pada saat itu bagian bulan yang menghadap ke bumi gelap atau tidak tampak. Pada aspek ini dapat terjadi gerhana matahari, karena cahaya matahari yang menuju bumi terhalang bulan. Hingga kita tidak akan melihat bulan bercahaya.

2. Oposisi

Yaitu kedudukan bulan berlawanan arah dengan matahari dilihat dari bumi. Pada saat itu bulan tampak sebagai bulan purnama. Pada kedudukan ini bulan terbit pada saat matahari terbenam dan terbenam pada saat matahari terbit.

3. Kuarter

Yaitu pada saat kedudukan bulan tegak lurus terhadap garis penghubung bumi – matahari. Pada aspek kuarter, bulan memperlihatkan fase perbani (setengah bulan yang terang). Dalam sebulan terjadi dua kali kuarter yaitu kuarter pertama ketika bulan tampak bertambah besar dan kuarter kedua ketika bulan tampak kecil.

Fase bulan yang lain adalah sabit (crescent) dan benjol (gibbous) dengan demikian, dalam satu bulan sinodik, berturut-turut berlangsung pergantian fase sebagai berikut:
  1. bulan baru
  2. bulan sabit
  3. perbani awal
  4. cembung
  5. purnama
  6. cembung
  7. perbani akhir
  8. bulan sabit (bulan baru)

Dari paparan di atas, ada lima fase bulan, yaitu:
  • Bulan baru (new moon)
  • Bulan sabit pertama (waxing crescent) [Bulan sabit adalah bentuk bulan yang melengkung seperti sabit. Berbentuk seperti sebuah lingakaran besar yang dikosongkan oleh sebuah lingkaran kecil yang berporos di satu sisi].
  • Seperempat pertama (first quarter)
  • Bulan purnama (full moon) [Bulan purnama adalah salah satu fase bulan di mana bulan terletak di belakang bumi ditinjau dari matahari].
  • Karena satu siklus bulan lamanya 29.5 hari, maka bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke-14 dan 15 dalam kalender lunar.
  • Seperempat ketiga (third quarter).
Demikian Fase fase Bulan yang dapat PenemuanTerbaru.com bagikan kepada sahabat, semoga memberikan manfaat.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel