Penemu WhatsApp Jan Koum

Penemu WhatsApp – Yang menjadi penemu WhatsApp adalah Jan Koum yaitu seorang pria yang lahir pada tanggal 24 Februari 1976 yang juga menjadi CEO dan pendiri WhatsApp bersama Brian Acton. Perlu sahabat ketahui bahwa WhatsApp merupakan aplikasi pesan bergerak yang diakuisisi oleh Facebook Inc. pada bulan Februari 2014 dengan nilai $19 miliar. Saat ini Koum memegang 45% saham WhatsApp dengan nilai mendekati US$7 miliar.
Penemu WhatsApp
Jan Koum - Penemu WhatsApp

Perjalanan Kehidupan Penemu WhatsApp

Jan Koum dibesarkan di pinggiran kota Kiev,Ukraina dan pindah bersama ibu dan neneknya tahun 1992 ke Mountain View, California pada usia 16 tahun. Program bantuan sosial pemerintah membantu keluarganya mendapatkan apartemen kecil berkamar dua di sana. Ayahnya rencananya akan bergabung dengan mereka, namun akhirnya memutuskan tetap di Ukraina.

Awalnya, ibu Koum bekerja sebagai pengasuh bayi, sedangkan Koum sendiri menjadi pembersih di sebuah toko kelontong. Pada usia 18 tahun, ia mulai tertarik dengan pemrograman. Koum hampir tidak lulus dari sebuah SMA di Mission Viejo, California, kemudian melanjutkan pendidikannya di San Jose State University sambil bekerja sebagai penguji keamanan di Ernst & Young. Ia pernah menjadi bagian dari grup peretas w00w00, dan bertemu orang-orang yang kelak mendirikan Napster, Shawn Fanning dan Jordan Ritter.

Pada tahun 1997, Jan Koum (Si Penemu WhatsApp) dipekerjakan oleh Google sebagai teknisi infrastruktur. Ia pun bertemu Brian Acton saat bekerja di Ernst & Young. Selama sembilan tahun berikutnya, mereka bekerja di Yahoo. Ia pun memutuskan untuk berhenti kuliah. Pada September 2007, Koum dan Acton keluar dari Yahoo, lalu keliling Amerika Selatan dan bermain frisbee selama satu tahun. Keduanya pernah melamar di Facebook, tetapi gagal. Pada bulan Januari 2009, ia membeli iPhone dan menyadari bahwa App Store yang saat itu berusia tujuh bulan akan menggebrak industri aplikasi dunia.

Ia kemudian mengunjungi temannya, Alex Fishman, dan keduanya berdiskusi selama beberapa jam seputar ide aplikasi Koum di rumah Fishman. Koum memilih nama WhatsApp karena terdengar seperti frasa "what's up". Pada hari ulang tahunnya tanggal 24 Februari 2009, ia mendirikan WhatsApp Inc. di California.
Baca juga:

Review Tentang Aplikasi WhatsApp - Penemu WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian. Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swype dan NHL game center premium.

Nach sahabat sudah tahukan siapa Penemu WhatsApp dan bagaimana perjalanan singkat sebelum ia menjadi seorang CEO dari aplikasi WhatsApp ini. Demikian share info penemu dari PenemuanTerbaru.com, semoga berkah dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel