Asal Usul Taj Mahal dan Desain Arsitekturnya

Asal Usul Taj Mahal - Kali ini kami akan berbagi info menarik seputar salah satu bangunan warisan dunia yaitu asal usul Taj Mahal. Taj Mahal ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983 karena “permata seni Muslim di India dan salah satu mahakarya warisan dunia yang diakui secara universal". Dijelaskan oleh peraih Nobel Rabindranath Tagore adanya tetesan air mata di pipi waktu, ini dianggap oleh banyak orang sebagai contoh terbaik arsitektur Mughal dan simbol sejarah India yang kaya. Data yang diperoleh bahwa Taj Mahal menarik sekitar 7 sampai 8 juta pengunjung pertahun. Dan pada tahun 2007, diumumkan sebagai pemenang inisiatif New 7 Wonders of the World atau Tujuh Keajaiban Dunia (2000-2007).
Asal Usul Taj Mahal
Asal Usul Taj Mahal

Asal Usul Taj Mahal

Perencanaan pembangunan Taj Mahal oleh Shah Jahan sekitar tahun 1631, untuk dibangun untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal, seorang putri Persia yang meninggal saat melahirkan anak ke 14 mereka, Gauhara Begum. Pembangunan Taj Mahal dimulai pada 1632.

Pengadilan kekaisaran yang mendokumentasikan kesedihan Shah Jahan setelah kematian Mumtaz Mahal menggambarkan kisah cinta yang dipegang sebagai inspirasi bagi Taj Mahal dan menjadi asal usul Taj Mahal dibangun. Mausoleum utama selesai pada tahun 1643 dan bangunan dan taman di sekitarnya selesai beberapa tahun kemudian.

Taj Mahal dalam bahasa Indonesia memiliki arti Mahkota Istana. Taj Mahal merupakan makam marmer gading putih yang terletak di tepi selatan sungai Yamuna di kota Agra di Negara India. Dibangun pada 1632 oleh kaisar Mughal, Shah Jahan (memerintah sejak tahun 1628 sampai tahun 1658), yang diperuntukkan sebagai rumah makam istri tercintanya yakni Mumtaz Mahal.

Makam tersebut merupakan pusat kompleks seluas 17 hektar (42 acre), yang mencakup sebuah masjid dan wisma tamu, dan berada di taman formal yang dibatasi di tiga sisi oleh dinding yang berkerikil.

Pembangunan mausoleum pada dasarnya selesai pada tahun 1643 namun pekerjaan berlanjut pada fase lain dari proyek ini selama 10 tahun lagi. Komplek Taj Mahal diyakini telah selesai secara keseluruhan pada tahun 1653 dengan biaya yang diperkirakan mencapai 32 juta rupee, yang pada tahun 2015 akan mencapai sekitar 52,8 miliar rupee (US $ 827 juta).

Proyek konstruksi tersebut mempekerjakan sekitar 20.000 pengrajin di bawah bimbingan dewan arsitek yang dipimpin oleh arsitek istana ke kaisar, Ustad Ahmad Lahauri.
Baca Juga:

Desain dan Arsitektur serta Konstruks Taj Mahal

Asal Usul Taj Mahal
Kompleks Taj Mahal, India
Dari sumber yang kami peroleh diketahui bahwa Arsitek Taj Mahal yaitu Ustad Ahmad Lahauri dengan gaya arsitekturnya bergaya Mughal. Desain Taj Mahal yang tingginya sekitar 73 meter ini menggabungkan dan memperluas tradisi desain arsitektur Mughal Persia sebelumnya. Inspirasi khusus berasal dari bangunan Timurid dan Mughal yang sukses termasuk Gur-e Amir (makam Timur, nenek moyang dinasti Mughal, di Samarkand), Makam Humayun, Makam Itmad-Ud-Daulah (kadang-kadang disebut Taj Bayi), Dan Shah Jahan sendiri Jama Masjid di Delhi.

Sementara bangunan Mughal sebelumnya dibangun dari batu pasir merah, Shah Jahan merekomendasikan penggunaan marmer putih bertatahkan batu semi mulia. Bangunan di bawah kepemimpinannya mencapai tingkat penyempurnaan yang baru.

Taj Mahal dibangun dengan menggunakan bahan dari seluruh India dan Asia. Dipercaya lebih dari 1.000 gajah digunakan untuk mengangkut bahan bangunan. Marmer putih tembus itu dibawa dari Makrana, Rajasthan, jasper dari Punjab, batu giok dan kristal dari China. Pirus itu berasal dari Tibet dan Lapis lazuli dari Afghanistan, sementara safir itu berasal dari Sri Lanka dan batu akik dari Arab. Secara keseluruhan, dua puluh delapan jenis batu berharga dan semi mulia dilapisi marmer putih.

Jalan tamped-earth 15 kilometer (9,3 mil) dibangun untuk mengangkut marmer dan bahan ke lokasi konstruksi dan tim yang terdiri dari dua puluh atau tiga puluh ekor sapi menarik balok pada gerobak yang dibangun secara khusus. Sistem katrol paska dan balok yang rumit digunakan untuk menaikkan blok ke posisi yang diinginkan.

Air diambil dari sungai dengan serangkaian peralatan, tali bertenaga hewan dan mekanisme ember, ke dalam tangki penyimpanan yang besar dan dibawa ke sebuah tangki distribusi yang besar. Serta dilewatkan ke dalam tiga tangki anakan, dan kemudian disalurkan ke kompleks.

Bangunan dan makam memakan waktu sekitar 12 tahun untuk menyelesaikannya. Bagian-bagian yang tersisa dari kompleks ini memakan waktu 10 tahun tambahan dan dilengkapi dengan menara, masjid dan jawab’s, serta pintu gerbang. Karena kompleks dibangun secara bertahap, perbedaan ada pada tanggal penyelesaian karena perbedaan pendapat tentang "penyelesaian".

Pembangunan mausoleum itu sendiri pada dasarnya selesai pada 1643 sementara pekerjaan berlanjut di gedung-gedung di luar. Perkiraan biaya konstruksi bervariasi karena kesulitan dalam memperkirakan biaya sepanjang waktu. Total biaya diperkirakan sekitar 32 juta rupee India, yaitu sekitar 52,8 miliar rupee India ($ 827 juta AS) berdasarkan nilai mata uang di tahun 2015. Untuk perkiraan di tahun 2017 dalam mata uang rupiah Indonesia lebih kurang 11 Triliunan (tidak ada kepastian dan hanya perkiraan saja).

Itulah info seputar Asal Usul Taj Mahal yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas dapat menjadi salah satu sumber pengetahuan yang baik bagi sahabat terlebih bagi penulis sendiri. Demikian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel