Penemuan Ukuran Terbaru Pluto

Penemuan Ukuran Terbaru Pluto – Kali ini akan dibahas mengenai penemuan ukuran terbaru Pluto. Pluto yang sejak akhir tahun 2006 telah resmi dinonaktifka menjadi salah satu bagian dari planet di tata surya. Hal ini karena adanya persyaratan yang tidak bisa dipenuhi oleh pluto untuk menjadi planet. Sejak lama, ilmuwan terus berdebat tentang seberapa besar ukuran Pluto, apakah Pluto cukup besar hingga bisa disebut planet. Misteri ukuran jugalah yang akhirnya membuat Pluto berhenti disebut planet beberapa tahun silam.
Penemuan Ukuran Terbaru Pluto

Penemuan Ukuran Terbaru Pluto

Baru-baru ini ada penemuan ukuran terbaru pluto yang sebelumnya menjadi perdebatan panas selama puluhan tahun, akhirnya ukuran asli Pluto berhasil diketahui seiring dengan semakin mendekatnya pesawat luar angkasa 'New Horizons' ke Pluto. Data yang baru diambil dari pesawat luar angkasa tersebut dan kirim ke bumi dalam hal ini ukuran dari pluto itu sendiri.

Dari data yang kirim New Horizons ke NASA, panjang garis tengah Pluto (diameter) sekitar 2.370 kilometer. Diameter tersebut lebih panjang sekitar 80 kilometer dari yang diketahui ilmuwan sebelumnya. Tak ayal, banyak pihak yang mengatakan bila ilmuwan sebaiknya mengembalikan gelar planet pada Pluto. Hal ini diminta karena berbagai pertimbangan dari ilmuan tersebut.

Akan tetapi, NASA atau ilmuwan astronomi kemungkinan besar tidak akan melakukannya. Sebab, meskipun terbukti lebih besar, ukuran Pluto tetap hanya sekitar 18,5 persen ukuran Bumi. Jadi ukuran tersebut belum memenuhi persyaratan sebuah planet. Dengan ukuran sebesar itu, Pluto masih terlalu kecil untuk dikatakan sebagai planet mengingat masih banyak objek luar angkasa lain di tata surya kita yang memiliki ukuran sama. Objek-objek itu berada di sabuk asteroid yang ada di antara planet Mars dan Jupiter.
Penemuan Ukuran Terbaru Pluto

Beberapa Asteroid Memiliki Ukuran Hampir Sama dengan Pluto

Selain penemuan ukuran terbaru pluto, NASA juga berhasil mengetahui panjang garis tengah bulan Pluto, Charon. Diameter Charon diketahui sekitar 1.208 kilometer. Dengan begitu ukuran Charon adalah 9,5 persen dari ukuran Bumi. Dengan demikian ukuran dari Charon dalam hal ini bulan dari Pluto juga telah diketahui ukurannya yang baru.

Lihat juga:
Demikian sedikit ulasan mengenai Penemuan Ukuran Terbaru Pluto, semoga banyak memberikan manfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status