Penemu Benua Amerika (Christoffa Corombo)

Penemu Benua Amerika (Christoffa Corombo)

Penemu benua Amerika bernama Kristoforus Kolumbus atau Christoffa Corombo adalah salah seorang penjelajah yang berasal dari Italia tepatnya di Genoa. Ia lahir pada tahun 1451 di tanggal 30 Oktober. Berdasarkan catatan sejarah yang banyak diakui orang-orang, ia tiba di Benua Amerika pada tanggal 12 Oktober tahun 1492. Awalnya ia mengira tempat tersebut tak berpenghuni, namun kemudian ia menjumpai suku asli di sana yang kita kenal dengan nama Suku Indian.
Penemu benua Amerika
Penemuan benua Amerika merupakan penemuan terakhir diantara benua yang ada di muka bumi. Wilayah di dunia dibagi ke dalam beberapa wilayah yang disebut benua. Ada 5 benua yang ada di bumi ini antara lain Benua Asia, Benua Australia, Benua Afrika, Benua Amerika dan juga Benua Antartika. Salah satu yang paling hangat dibicarakan adalah Benua Amerika.

Selain menjadi tempat dimana Negara digdaya Amerika Serikat terletak, benua yang satu ini juga menyimpan banyak misteri yang seolah tak bisa dipecahkan hingga saat ini. Salah satu misteri tersebut terkait dengan sejarah penemu benua Amrika itu sendiri. Dunia mengenal Kolombus sebagai orang pertama yang menjejakkan kaki di daratan Benua Amerika. Namun di kemudian hari, fakta sejarah berkata lain. Polemik seputar hal ini pun semakin menghangat bahkan sampai sekarang. Siapa sebenarnya Kolombus yang dijuluki sebagai penemu benua Amerika? Dan seperti apa polemik sejarah yang menyertainya? Simak uraian berikut ini. 

Pada mulanya, mereka menyambut kolombus dengan senang hati. Namun setelah niat kolombus untuk menjadikan wilayah mereka sebagai salah satu koloni Spanyol, kolombus kemudian mendapatkan banyak penolakan dari suku Indian. Bahkan menurut beberapa catatan sejarah, ada banyak kapal dari rombongan kolombus yang ditenggelamkan oleh suku Indian. Mereka memang merasa terancam dengan kehadiran kolombus dan rombongannya. 

Menurut beberapa catatan sejarah, kolombus bukan orang Eropa pertama yang tiba di wilayah tersebut sebab telah jadi hal yang valid dalam runutan ilmu sejarah bahwa bangsa Viking yang berasal dari Eropa Utara telah menginjakkan kakinya di Benua Amerika pada abad ke 11. Bahkan mereka sempat mendirikan koloni di sana. Meski demikian, entah bagaimana prosesnya, Christoffa Corombo atau Colombus masih saja tercatat sebagai penemu benua Amerika.

Polemik Seputar Penemu Benua Amerika

Perdebatan seputar siapa sebenarnya penemu benua Amerika telah menjadi polemik yang cukup panjang. Para peneliti sejarah telah menunjukkan banyak bukti yang mengukuhkan teori bahwa Colombus bukan penemu benua Amerika yang pertama kali. Sebab, ada beanyak bukti fisik seperti prasasti yang membuktikan bahwa jauh sebelum Colombus tiba di Benua Amerika, telah ada seorang tokoh bernama Cheng Ho atau Zheng He yang tiba 70 tahun sebelum Colombus.

Bahkan beberapa sejarawan juga berargumen bahwa berabad-abad sebelum Cheng Ho, para saudagar sekaligus pelaut-pelaut muslim sudah menjejakkan kaki di Benua Amerika dan membuat perkampungan di sana. Istimewanya, mereka menikahi penduduk lokal dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari suku asli di Benua Amerika. Pendapat ini secara terang-terangan dituliskan seorang peneliti bernama Dr. Yousseef Mroueh di dalam essainya yang cukup populer berjudul Precolumbian Muslims in America.

Tulisan ini banyak menyajikan fakta fisik dan juga manuskrip sejarah, oleh sebab itu bantahan terhadapnya masih belum ada. Dengan demikian, siapa sebenarnya penemu benua Amerika masih sumir meski dalam catatan resmi sejarah dunia, nama Kolombus masih tercantum sebagai penemu benua Amerika.

Istilah Penemuan benua Amerika umumnya merujuk pada pelayaran Christopher Columbus dalam Zaman Penjelajahan bangsa Eropa, namun juga dapat merujuk pada pelayaran:

Viking Vinland:
  1. Gunnbjörn Ulfsson, yang pertama kali melihat Greenland kira-kira tahun 900-an
  2. Bjarni Herjólfsson, yang melihat Amerika Utara (Labrador, Canada) sekitar tahun 986
  3. Leif Eriksson, dikatakan telah mendarat di Amerika Utara (Newfoundland, Canada).

Beberapa pengelana seperti:
  1. Santa Brendan
  2. Pangeran Madoc
  3. Henry I Sinclair, Pangeran Orkney

Cheng Ho - Teori yang tidak didukung oleh sejarawan umum.
Khashkhash Ibn Saeed Ibn Aswad - Teori yang tidak didukung oleh sejarawan umum.

Demikian penjelasan mengenai Penemu Benua Amerika, semoga bermanfaat.
(Lihat juga siapa penemu Radio dan penemu Komputer).

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status