6 Cara Memotret yang Benar Menggunakan Smartphone Disaat Pencahayaan Kurang

Cara Memotret yang Benar Menggunakan Smartphone - Sahabat pasti sering menemukan suasana yang pantas untuk didokumentasikan dengan pencahayaan yang seadanya saja. Misalnya saat clubbing, saat ada di pasar malam, saat ada di jalan yang sepi, dan masih banyak lagi. Sedih dong kalau kelewatan moment. Mending sahabat optimasi kamera smartphone dengan cara memotret yang benar di tempat remang-remang atau bahkan gelap sekaligus hanya dengan bermodalkan smartphone yang sahabat miliki.
Cara Memotret yang Benar
Cara Memotret yang Benar Menggunakan Smartphone Disaat Pencahayaan Kurang

Gunakan Burst Mode - Cara Memotret yang Benar Menggunakan Smartphone

Untuk memotret dalam Burst Mode, sahabat hanya perlu menahan jarimu di tombol shutter smartphone kamera. Gunakan Burst Mode bawaan smartphone-mu untuk hasil lebih maksimal jika sahabat ingin memotret kembang api atau cahaya petir.

Gunakan Head lamp atau Senter Untuk Membantu Penerangan

Kalau sahabat lagi dalam keadaan camping atau cuma jalan-jalan pas malam hari, sahabat bisa menggunakan head lamp atau senter untuk menambahkan cahaya gemerlap dan tekstur ke komposisi foto milikmu. Semakin dekat headlamp atau senter ke subjek maka cahaya akan semakin membias, beda lagi jika sahabat ingin mengambil foto dengan tema light painting fotografi.

Perhatikan Fokus dan Exposure

Beri perhatian lebih pada fokus kamera dan mode exposure. Untuk lebih fokus sahabat bisa tap layar smartphone sahabat dimana sahabat ingin memfokuskan fotomu, misalnya di sebelah kiri subjek dan sebagainya. Jika sahabat ingin memotret spot terang di antara situasi yang gelap seperti matahari terbenam di pantai, sahabat bisa memfokuskan kamera smartphone-mu pada sisi gelap foto. Hal ini akan memicu kamera untuk membuat penyesuaiannya sendiri.

Buat Diri Sahabat Tegap dan Kokoh di Segala Situasi, Jika Perlu Gunakan Tripod Untuk Hasil yang Maksimal

Ini adalah hal yang paling penting dalam mengambil foto di tempat gelap. Sahabat harus kokoh dan usahakan jangan bernafas saat melepas shutter. Akan lebih baik jika sahabat memiliki tripod, namun jika tidak punya, alternatif lainnya sahabat bisa gunakan dinding, meja, atau bangku untuk memudahkan smartphone tidak bergerak saat mengambil foto. Usahakan memegang smartphone dengan dua tangan agar lebih stabil.

Ambil Kesempatan Pada Waktu Golden Hour

Kalau sahabat suka olahraga atau sekedar jalan pagi dan sore, Golden Hour bisa jadi alternatif cahaya buat memotret di tempat gelap dengan kamera smartphone. Golden hour terjadi dalam waktu antara sebelum dan sesudah matahari terbit dan matahari terbenam. Jadi, mungkin sekitar jam setengah 6 sampai jam setengah 7 pagi dan antara jam 5 sampai jam 6 sore.

Tambahkan Filter - Cara Memotret yang Benar Menggunakan Smartphone

Kalau udah ngelakuin hal di atas tapi masih nggak sesuai sama keinginanmu memotret di tempat gelap, sahabat bisa gunakan filter untuk menambahkan efek lebih terang serta menjadikan foto sahabat lebih cantik dan eye-catching.

Pengguna kamera smartphone kebanyakan memakai filter secara sporadis dan kontras. Kegiatan ini membuat foto yang dihasilkan tampak tidak natural plus efek dramatis. Meskipun banyak yang mencibir hal tersebut, namun penelitian berkata lain. Dilansir dari Ubergizmo, Tim Yahoo Labs menganalisis 7,6 juta foto di Flickr untuk melihat foto mana saja yang mendapatkan viewer dan komentar terbanyak. Hasilnya? Foto yang diberi filter akan 21% lebih banyak dilihat orang dan 46% lebih banyak dikomentari orang.

Itulah bagaimana Cara Memotret yang Benar Menggunakan Smartphone Disaat Pencahayaan Kurang, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demikian dari PenemuanTerbaru.com, dan lihat juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status