Cara Merawat Baterai Non Removable pada Laptop Berbagai Merk

Cara Merawat Baterai Non Removable pada Laptop – Modern ini banyak laptop yang baterainya bersifat Non Removable atau tdaik dapat dilepas secara manual. Mungkin sahabat punya laptop baru dengan baterai yang nggak bisa dilepas. Saat ini tren laptop dengan baterai yang tidak dapat dilepas atau non removable semakin menjamur, mulai dari Apple Macbook, Asus Zenbook, Chromebook, dan berbagai macam model laptop lainnya. Oleh karena itu PenemuanTerbaru.com akan sedikit berbagi cara merawat baterai non removable pada laptop berbagai merk.
Cara Merawat Baterai Non Removable
Cara Merawat Baterai Non Removable pada Laptop Berbagai Merk

Jangan Habiskan Baterai Hingga 0% - Cara Merawat Baterai Non Removable pada Laptop

Sahabat harus ingat bahwa laptop dan baterai memiliki masa pakainya. Tes dari Batteryuniversity.com membuktikan bahwa baterai yang digunakan hingga habis memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan baterai yang di-charge sebelum ia habis. Sahabat bisa melihat tabel hasil tes dari situs tersebut di bawah ini:penanganan baterai non-removable 4

Buatlah Baterai Sahabat Tetap Terisi

penanganan baterai non-removable 3Tingkat terisinya daya di baterai sahabat juga turut mengambil bagian yang penting lho. Produsen laptop terkenal yaitu HP bahkan merekomendasikan bahwa baterai harus setidaknya menyimpan 50 hingga 70% ketika disimpan dalam temperatur 20 hingga 25 derajat Celcius. Jika sahabat berencana untuk tidak menggunakan laptop beberapa waktu yang cukup lama, pastikan bahwa baterainya tetap terisi ya, mengingat ia tidak dapat dilepas dari laptop.

Perhatikan Suhu

penanganan baterai non-removable 1Sepertinya kasus ini sudah menjadi kasus yang klasik ya. Tapi tidak henti-hentinya kami ingin menyampaikan bahwa suhu merupakan faktor yang penting untuk tetap menjaga baterai laptop sahabat tetap dalam keadaan yang prima. Suhu yang ekstrim memang menjadi momok menakutkan bagi baterai, bahkan untuk suhu yang ekstra dingin sekalipun. Tapi suhu yang panas juga lebih menakutkan. Maka dari itu, sahabat harus menjaga suhu ruangan dan laptop pada kondisi yang tepat. Buatlah suhu ruangan sahabat stabil dan tidak terlalu panas.

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, mengingat material dari benda tersebut yang dapat meningkatkan panas pada laptop.

Proses Charge dan Penggunaannya - Cara Merawat Baterai Non Removable pada Laptop

penanganan baterai non-removable 2Pasti beberapa orang bertanya-tanya, kapan sih kondisi yang tepat untuk menggunakan laptop melalui daya dari baterai, dan kapan menggunakan laptop menggunakan daya langsung dari listrik rumah. Sebenarnya kedua cara ini bisa sahabat lakukan kapan saja. Tidak apa-apa untuk mencolok laptop ke listrik seharian ketika menggunakannya di kantor atau rumah. Laptop terbaru sudah dirancang untuk menjaga daya ke baterai agar tidak over-charge. Tapi sahabat harus ingat bahwa proses charge juga dapat mendatangkan panas berlebih, jadi tetap jaga posisi dan ventilasi ruangan ya.

Berapa Lama Baterai Sahabat Dapat Bertahan? Ini dia salah satu pertanyaan yang sering hadir dari para pengguna laptop. Berapa lama sih baterai saya dapat bertahan dalam kondisi yang bagus? Masing-masing merk memang memiliki daya tahan yang berbeda-beda ya. Asus sendiri menyatakan bahwa baterai mereka dapat bertahan dalam kondisi yang prima hingga antara 300 sampai 500 siklus charge. Ini mengindikasikan bahwa baterai laptop dapat bertahan dalam kondisi bagus selama 18 bulan sebelum akhirnya menurun.

Demikian Cara Merawat Baterai Non Removable dari berbagai merk dan tipe laptop yang dapat dibagikan kepada sahabat, semoga bermanfaat.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel