Cara Mengatasi Hp dan Smartphone yang Kena Air

Cara Mengatasi Hp Kena Air – Mungkin sahabat lagi mengalami masalah hp kena air. Jangan khawatir, berikut PenemuanTerbaru.com akan share bagaimana cara mengatasi hp kena air. Ponsel yang basah biasanya hanya bisa diganti dengan yang baru. Tetapi jika Sahabat cepat melakukan tindakan yang tepat, ponsel Sahabat masih bisa diselamatkan. Berikut cara yang sahabat bisa tempuh:
Cara Mengatasi Hp Kena Air
Cara Mengatasi Hp Kena Air

1. Angkat telepon dari air sesegera mungkin - Cara Mengatasi Hp Kena Air

Cepat ambil ponsel Sahabat lalu segera matikan, karena ponsel basah yang menyala dapat menyebabkan korsleting. Jika ponsel sudah terkena air anggaplah ponsel telah basah kuyup, baik ponsel itu masih berfungsi atau tidak.

2. Ponsel Sahabat mungkin tidak terlalu rusak jika segera diangkat keluar dari air

Tidak perlu panik jika ponsel terendam dalam waktu lebih lama, misalnya di mesin cuci. Masih ada langkah-langkah yang dapat dicoba untuk menyelamatkan ponsel.

3. Cepat ambil beberapa handuk kertas atau kain lembut untuk alas

Cara Mengatasi Hp Kena Air

Setelah mengeluarkan ponsel dari air, cepat ambil beberapa handuk kertas atau kain lembut untuk alas telepon ketika Sahabat membuka penutup baterai dan baterai. Ini adalah salah satu langkah yang paling penting. Banyak sirkuit di dalam ponsel akan bertahan walau direndam air selama tidak terhubung ke sumber daya (baterai) ketika basah.

4. Keluarkan kartu SIM dari ponsel Sahabat jika ada

Sebagian atau semua kontak yang berharga (juga data-data lain) mungkin saja disimpan pada kartu SIM. Bagi banyak orang, data-data ini lebih berharga untuk diselamatkan daripada ponsel itu sendiri.

5. Lepaskan perangkat lain - Cara Mengatasi Hp Kena Air

Lepaskan semua perangkat lainnya seperti ear bud, kartu memori, serta setiap selubung atau penutup pelindung telepon. Lepaskan semua colokan yang menutupi celah, slot, dan celah-celah di telepon agar terpapar untuk pengeringan.

6. Keringkan ponsel Sahabat dengan kain lembut atau handuk

Setetes air yang tersisa di dalam ponsel dapat merusak dengan korosi, membuat sirkuit berkarat atau korsleting. Sahabat jelas harus mengeringkan air sebanyak dan secepat mungkin, untuk mencegah air masuk ke telepon:
  • Seka air sebanyak mungkin tanpa menjatuhkan telepon. Hindari mengguncang atau menggerakkan ponsel secara berlebihan untuk menghindari air mengalir.
  • Bersihkan ponsel menggunakan handuk atau handuk kertas, usahakan tidak menyumbat celah dan alur telepon dengan kertas. Tetap seka ponsel dengan lembut untuk mengangkat sebanyak mungkin air yang ada.
  • Jika Sahabat mengeluarkan baterai pada waktunya, Sahabat dapat mengatasi masalah dengan cara membersihkan bagian dalam ponsel dengan alkohol, ini akan memindahkan air.

7. Gunakan pengisap debu

Sahabat dapat mengisap cairan dari bagian dalam telepon dengan pengisap debu. Keringkan semua sisa cairan dengan mengarahkan pengisap debu ke bagian yang basah sampai 20 menit, di setiap bagian yang dapat diakses (lakukan bergantian dengan teman Sahabat). Jangan gunakan pengering rambut untuk mengeringkan telepon. Berlawanan dengan saran yang telah lumrah, tidak disarankan untuk menggunakan pengering rambut (bahkan dengan modus "dingin"). Menggunakan pengering rambut dapat memaksa uap air lebih masuk ke dalam menuju celah-celah dan mencapai komponen listrik jauh di dalam ponsel. Pengering rambut yang terlalu panas juga dapat melelehkan komponen atau selubung.

8. Gunakan zat dengan afinitas tinggi untuk mengisap uap air

Cara Mengatasi Hp Kena Air

Cara yang murah adalah dengan menaruh ponsel ke dalam mangkuk atau kantung beras selama semalam. Beras akan menyerap uap yang tersisa.

9. Letakkan ponsel di atas handuk penyerap, serbet atau kertas lainnya

Setelah mengangkat ponsel dari beras atau pengering (atau jika Sahabat tidak dapat menggunakan cara tersebut), taruh ponsel di atas bahan penyerap. Ingat bahwa tujuannya adalah untuk mengeluarkan semua uap air dan kelembaban dari perangkat.

10. Uji ponsel Sahabat - Cara Mengatasi Hp Kena Air

Setelah menunggu minimal 24 jam, atau lebih lama jika perlu, periksa setiap bagian ponsel Sahabat untuk memastikan telah bersih dan terlihat kering. Periksa uap air atau kotoran di semua port, kompartemen dan antara celah-celah. Buang debu dan kotoran dari perangkat dan selubung lalu masukkan baterai ke ponsel. Coba hidupkan perangkat, dengarkan bila ada suara-suara aneh dan amati apakah ponsel berfungsi dengan benar.

Catatan:
  • Jika ponsel Sahabat benar-benar kering tetapi masih tidak berfungsi, coba hubungkan ke pengisi tanpa baterai. Jika berfungsi, Sahabat mungkin harus mengganti baterai dengan yang baru.
  • Jika ponsel yang terhubung dengan pengisi daya juga tidak bekerja, bawa ponsel Sahabat ke dealer resmi. Mereka mungkin dapat memperbaikinya. Beri tahukan fakta yang terjadi bahwa ponsel telah terendam - tersedia indikator internal untuk membuktikan ini - dan para teknisi cenderung lebih dapat membantu jika Sahabat menjelaskan apa yang telah terjadi dengan telepon Sahabat.

11. Kecuali Sahabat telah terlatih dan terampil, jangan pernah membongkar telepon

Biarkan para ahli yang menanganinya, karena membongkar telepon berpotensi menyebabkan kejutan atau paparan bahan kimia atau komponen berbahaya.

Jika telepon Sahabat setelah kering dapat menyala tetapi tidak berfungsi dengan benar, maka kemungkinan masih ada cairan di dalam ponsel, atau telah terjadi korosi. Buka semua selubung, baterai, kartu dan seluruh bagian luar, lalu gosok lembut ponsel dengan kuas kering atau sikat gigi yang bersih.

Demikian bagaimana cara mengatasi hp kena air yang dapat kami share untuk sahahat, semoga bermanfaat.
Lihat juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status