Cara Menghindari Timbulnya Jerawat pada Wajah

Cara Menghindari Jerawat – Kali ini akan sedikit diulas megenai cara menghindari jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan timbulnya bintil atau jerawat karena adany a faktor yang menyebabkannya baik dari dalam diri seseorang maupun faktor dari luar tubuh seseorang.
Cara Menghindari Jerawat
Cara Menghindari Jerawat pada Wajah
Kondisi ini bisa timbul di bagaian manapun dari tubuh dan pada semua umur, walaupun jerawat seringkali mempengaruhi remaja pada bagian wajah dan punggung. Beberapa faktor, seperti masa puber, tidak bisa dirubah, namun Sahabat bisa mengambil langkah-langkah untuk menghindari dan mencegah timbulnya jerawat. Jaga kesehatan tubuh dan penampilan Sahabat dengan menjauhi beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat.

1. Cuci wajah Sahabat dua kali sehari yaitu sekali saat malam, dan sekali saat pagi - Cara Menghindari Jerawat

Saat Sahabat membersihkan wajah, cucilah perlahan-lahan dan gunakan air hangat. Panas akan membuka pori-pori wajah Sahabat dan suhu air hangat lebih cocok untuk membersihkan dibandingkan dengan air dingin. Pastikan air yang Sahabat gunakan tidak terlalu panas sehingga kulit Sahabat tidak terbakar.

2. Beri pelembab wajah setelah membersihkannya

Melembabkan wajah sama pentingnya dengan membersihkannya. Saat Sahabat membersihkan wajah, Sahabat membuatnya kehilangan minyak dan kelembaban, dan hal ini adalah intinya: minyak yang menyumbat pori-pori Sahabat dibersikan agar tidak menjadi jerawat di wajah Sahabat. Namun kulit adalah organ tubuh yang membutuhkan kelembaban. Ganti kelembaban yang hilang dengan memberikan pelembab setiap kali selesai membersihkan wajah.

Sahabat bisa memilih pelembab yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit Sahabat:
  • Kulit berminyak: Pilih pelembab yang berbasis gel. Pelembab berbasis gel biasanya lebih baik untuk wajah berminyak, karena pelembab jenis ini memberikan kelembaban yang penting bagi kulit Sahabat tapi tidak berlebihan.
  • Kulit kering: Pilih pelembab berbasis krim. Pelembab berbasis krim lebih berat dan lebih lama memberikan kelembaban dibandingkan dengan pelembab berbasis gel. Dokter biasanya menyarankan pelembab ini untuk kulit yang memerlukan pelembab yang lebih kuat.

3. Eksfoliasi kulit sekali seminggu

Eksfoliasi berarti menghilangkan bagian terluar kulit secara lembut (yang disebut dengan "epidermis") untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Perhatikan apakah melakukan eksfoliasi sekali seminggu memperbaiki warna kulit Sahabat. Sahabat bia membeli produk eksfoliasi komersial, atau Sahabat bisa membuatnya sendiri di rumah. Apapun yang Sahabat pilih, jangan "terlalu sering" melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sekali seminggu sudah cukup sering.

4. Jangan sentuh wajah Sahabat dengan tangan

Tangan adalah tempat utama bakteri tinggal, karena tangan menyentuh berbagai macam barang. Menyentuh wajah adalah hal yang harus Sahabat hindari karena dapat menyebabkan perpindahan bakteri ke wajah. Dengan lebih sedikit bakteri di wajah Sahabat, maka kemungkinan Sahabat mengalami jerawat yang parah akan lebih kecil.

5. Cuci sarung bantal Sahabat sekali seminggu

Minyak pada sarung bantal Sahabat bisa menyebabkan jerawat dengan menyebarkan kotoran, debu, dan sel kulit mati. Persiapkan dua pasan sarung bantal yang bisa Sahabat ganti setiap minggu sehingga Sahabat tidak harus selalu langsung mencucinya.

6. Jangan pernah tidur tanpa membersihkan wajah Sahabat dari makeup

Jika Sahabat masih mengenakan makeup, biasakanlah untuk membersihkannya sebelum Sahabat tidur. Mungkin memang sedikit repot, namun makeup yang tidak Sahabat bersihkan akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jika Sahabat tahu bahwa Sahabat cenderung membiarkan makeup dan Sahabat tidak ingin terlalu repot membersihkan wajah, siapkan beberapa tisue pembersih wajah yang bisa Sahabat gunakan dengan cepat.

7. Perhatikan kesehatan rambut Sahabat, terlebih jika kulit Sahabat berminyak - Cara Menghindari Jerawat

Cara Sahabat merawat rambut bisa memiliki pengaruh yang besar terhadap jerawat, khususnya pada bagian kening Sahabat. Kulit kepala Sahabat mengeluarkan minyak alami yang menjaga rambut Sahabat tetap lembut. Minyak ini memang bagus untuk rambut Sahabat, tapi bisa berbahaya untuk wajah Sahabat. Untuk itu, cuci rambut Sahabat paling tidak dua hari sekali. Cari cara untuk menyeimbangkan kesehatan rambut dan wajah.

Demikian bagaimana cara menghindari jerawat yang dapat sahabat jadikan tips agar sahabat terhindar dari jerawat yang dapat memperngaruhi penampilan sahabat dan semoga bermanfaar. Lihat juga yang lainnya dari PenemuanTerbaru.com tentang bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat pada Wajah dengan Sehat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status