Asal Usul Sandiaga Uno, Biografi dan Riwayat Pendidikan serta Kariernya

Asal Usul Sandiaga Uno – Sahabat, setelah sebelumnya kami membagikan asal usul Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin, kali ini penemuanterbaru.com juga akan berbagi infomasi Asal Usul Sandiaga Uno beserta biografi dan riwayat kariernya.

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan sosok Sandiaga Uno yang merupakan pengusaha dan politikus Indonesia. Ia memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017 bersama dengan Anies Baswedan, dan memulai masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada bulan Oktober 2017.

Namun saat ini Sandiaga Uno atau yang bernama lengkap H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. berstatus nonaktif sebagai wakil gubernur DKI Jakarta setelah hari Jum’at 10 Agustus 2018 yang lalu resmi mengundurkan diri dan akan fokus sebagai bakal calon presiden pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres yang akan diselenggarakan pada bulan April Tahun 2019 mendatang.
Asal Usul Sandiaga Uno
Asal Usul Sandiaga Uno, Biografi dan Riwayat Pendidikan serta Kariernya

Asal Usul Sandiaga Uno, Biografi dan Riwayat Pendidikannya

Informasi pribadi:
  • Nama: H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.
  • Lahir: Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969 (umur 49)
  • Partai politik: Partai Gerindra (sampai 2018)
  • Pasangan: Nur Asia
  • Anak: Anneesha Atheera Uno; Amyra Atheefa Uno; Sulaiman Saladdin Uno
  • Orang tua: Razif Halik ("Henk") Uno (ayah); Rachmini Rachman ("Mien") Uno (ibu)
  • Kerabat: Raden Abdullah Rachman (kakek); Siti Koersilah (nenek)
  • Pekerjaan: Pengusaha Politisi
  • Riwayat Pendidikan: SD PKSD Bulungan; SMP 12 Wiajaya Jakarta; SMA Pangudi Luhur; Bachelor of Business Administration di Wichita State University (1990); Master of Business Administration di George Washington University (1992)
Pria yang bernama lengkap Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Dia merupakan anak dari Razif Halik Uno dan Mein R. Uno. Ayahnya berasal dari Gorontalo.

Hal ini bisa dilihat dari nama belakang Sandiaga yang bermarga Uno. Ayah Sandiaga pada awalnya bekerja sebagai karyawan di perusahaan Caltex di Riau, setelah tidak bekerja lagi, Ayah Sandiaga kemudian memboyong keluarganya ke Jakarta pada tahun 1970an.

Sandiaga memulai pendidikannya di SD PKSD kemudian ke SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan dan melanjutkan sekolahnya ke SMA Katolik Pangudi Luhur.

Sandi Uno adalah lulusan Universitas Negeri Wichita, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude. Sandi mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990.

Setahun kemudian ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas George Washington, Amerika Serikat. Ia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 .


Riwayat Karier Sandiaga Uno

Asal Usul Sandiaga Uno
H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.
Sandiaga Uno yang bernama lengkap H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. ini mengawali kariernya sebagai karyawan Bank Summa pada 1990.

Kemudian pada tahun 1993 ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi sekaligus di MP Holding Limited Group (mulai 1994).

Pada 1995 ia pindah ke NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat Executive Vice President NTI Resources Ltd. dengan penghasilan 8.000 dollar AS per bulan.

Namun, krisis moneter sejak akhir 1997 menyebabkan perusahaan tempatnya bekerja bangkrut. Sandi pun tidak bisa lagi meneruskan pekerjaanya tersebut. Ia pulang ke Indonesia dengan predikat pengangguran. Meskipun demikian, karena kejadian tersebut, Sandi Uno kemudian mengubah cara pandangnya dan berbalik arah menjadi pengusaha.

Pada tahun 1997 Sandi Uno mendirikan perusahaan penasihat keuangan, PT Recapital Advisors bersama teman SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani. Salah satu mentor bisnisnya adalah William Soeryadjaya.

Kemudian, pada 1998 ia dan Edwin Soeryadjaya, putra William, mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Bidang usahanya meliputi pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Berbekal jejaring (network) yang baik dengan perusahaan serta lembaga keuangan dalam dan luar negeri, Sandi Uno sukses menjalankan bisnis tersebut. Mekanisme kinerja perusahaan tersebut adalah menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan. Kinerja perusahaan yang krisis itu kemudian dibenahi dan dikembangkan.

Setelah kembali sehat, aset perusahaan tersebut dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. Hingga 2009, ada 12 perusahaan yang sudah diambil alih oleh PT Saratoga. Beberapa perusahaan pun telah dijual kembali , antara lain PT Dipasena Citra Darmaja, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), dan PT Astra Microtronics.

Pada 2005–2008, Sandi Uno menjadi ketua umum Himpunan pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ia juga menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak 2004.

Sandi dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS, Pada 2007. Sementara, pada 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS.

Pada 2009 Sandi masuk sebagai pendatang baru dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Majalah tersebut menuliskan Sandi memiliki kekayaan US$ 400 juta dan berada di peringkat 29.

Saat ini, Sandi Uno juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan.
  • PT Adaro Indonesia
  • PT Indonesia Bulk Terminal
  • PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
  • Interra Resources Limited
  • PT. iFORTE SOLUSI INFOTEK
Pada bulan Mei 2011 lalu, ia memutuskan membeli 51% saham Mandala Airlines.

Pada 16 April 2015, ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai salah satu direktur PT Adaro Energy Tbk.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, 10 Juni 2015, ia resmi mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG). Ia melepaskan berbagai jabatan di beberapa perusahaan tersebut karena ingin fokus pada tugas barunya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dipimpinan oleh Prabowo Subianto.

Posisinya di Saratoga digantikan oleh Michael Soeryadjaya, anak dari Edwin Soeryadjaya dan cucu dari pendiri Astra International William Soeryadjaya. Namanya termasuk dalam daftar Panama Papers. Dia mengikuti program Tax Amnesty.

Kemudian pada tahun 2017 lalu, Sandiaga Uno terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta terhitung bulan Oktober 2017 mendampingi Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta terpilih.

Lihat juga: Asal Usul Anies Baswedan.

Itulah kilasan dari Asal Usul Sandiaga Uno, Biografi dan Riwayat Pendidikan serta Kariernya yang dapat kami bagikan khusus sahabat. Semoga berkah dan bermanfaat.

Catatan: (Dalam share kali ini tidak ada unsur politisasi dari pihak manapun dan keseluruhan hanyalah informasi publik dari dan bagi sahabat penemuanterbaru.com semata).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel