Pengertian Email dan Istilah-istilah serta Manfaat dalam Sebuah Email

Pengertian Email dan Istilah-istilah serta Manfaat dalam Sebuah Email – Pada kesempatan ini, PenemuanTerbaru.com akan berbagai penjelasan pengertian email. Email (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. Email merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan email merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien.
Pengertian Email
Pengertian Email
Menggunakan email memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat email tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima email tersebut. Komunikasi menggunakan email dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.

Pengertian Email Secara Umum dan Khusus Serta Pengertian Menurut Para Ahli

Dalam dunia komunikasi modern ini kita mungkin kerap kali mendengar sebuah istilah yang bernama email. Fungsi dari email ini adalah untuk mengirim pesan kepada orang lain dengan menggunakan internet sebagai medianya. Dengan adanya email ini, banyak orang di belahan dunia yang akhirnya bisa berkomunikasi dengan mudah. Di sisi lain, email juga berperan penting bagi mereka yang menjalankan aktivitas bisnis. Bayangkan jika anda melakukan aktivitas bisnis tanpa menggunakan internet. Hal serupa juga dikemukakan oleh Tom Van Vleck dalam bukunya yang berjudul The History of Mail. Beliau mengatakan bahwa internet adalah sebuah media yang sangat penting di era modern ini. Tanpa adanya internet, dunia ini akan kesulitan dalam melakukan komunikasi setiap hari.

Email juga berperan sangat penting bagi beberapa hal, salah satunya adalah untuk periklanan sebuah produk dan juga fungsi lainnya. Ada kalanya mungkin anda akan sering melihat ada iklan yang masuk kea kun anda. Tidak perlu kaget dengan hal ini karena itu berarti ada salah satu lembaga atau institusi tertentu maupun individu yang menggunakannya untuk keperluan tersebut. Rich Kawanagh, dalam artikelnya yang berjudul Top Ten Email Spam List, mengatakan bahwa email memang adalah sebuah media yang terbaik untuk komunikasi. Namun ada kalanya kita harus sangat hati-hati karena beberapa email tersebut ternyata adalah Spam!

Apa itu Spam Email? Spam adalah sebuah email yang akan mengganggu akun anda. Mengapa? Karena banyak sekali jumlahnya dan ini terkadang akan bisa memenuhi inbox. Adakah solusi untuk masalah yang satu ini? Tentu saja ada. Caranya adalah dengan melakukan non aktif spam di akun email anda. Hasilnya, spam yang masuk akan langsung dihapus dan masuk ke dalam recycling email. Semua itu mungkin perlu pembelajaran dan keterbiasaan anda untuk membuka email. Jika anda adalah orang yang sering membuka email anda setiap hari, ada baiknya jika anda melakukan hal yang satu ini. Siapa tau anda nantinya akan bisa semakin mudah berinteraksi dengan banyak pihak karenanya.

Menurut David Woole, peneliti dari The Emergency of Online Community, mengatakan bahwa pengertian email merupakan sebuah media yang berfungsi sebagai digital message. Hal ini jelas dikarenakan kini semua orang yang bersemayam di dunia maya baik itu mereka yang berprofesi sebagai pebisnis maupun pelajar kini bisa menggunakan internet dengan mudah. Dari sisi fungsi lainnya, email juga sangat penting bagi anda yang menggunakan situs tertentu, misalnya anda tergabung dalam situs dan blog yang selalu memberikan sharing informasi kepada orang lain, setidaknya anda harus punya email terlebih dahulu agar nantinya anda bisa mudah untuk mengakses blog maupun situs yang spesifik tersebut.

Satu hal yang penting adalah internet email juga sangat penting dalam membuat anda mudah untuk terhubung dengan jejaring sosial. John Rhoton dalam bukunya yang berjudul Programmer Guide Internet Mail berkata bahwa email adalah jembatan yang memudahkan mereka untuk melakukan aktivitasi dan memperoleh informasi di media jejaring sosial. Nah, apa media sosial yang paling sering digunakan saat ini? Tentu saja ada banyak, dimana salah satunya adalah facebook dan juga twitter. Jika anda ingin membuka atau membuat akun untuk jejaring sosial ini maka syarat utama yang harus anda penuhi terlebih dahulu adalah dengan memiliki akun email. Tanpa adanya akun ini maka mustahil anda akan bisa membuka akun jejaring sosial anda dengan mudah.

Ahli lainnya, Marsha Egan, mengatakan bahwa ada banyak sekali fitur yang terdapat dalam email yang bisa dimanfaatkan fungsinya dengan baik. Dalam email, anda akan bisa melihat menu inbox yang berfungsi untuk melihat siapa yang mengirimi email ke akun anda. Kemudian ada juga fitur lainnya yaitu sent item yang akan melihatkan kepada anda mengenai email apa saja yang sudah anda kirim ke orang lain beserta isinya. Ada juga menu draft yang bisa anda optimalkan untuk mengirim pesan kepada orang yang anda inginkan beberapa hari kemudian atau nantinya. Email merupakan sebuah media digital dalam komunikasi yang istimewa.

Contoh dan Spesifikasi dari Sebuah Email – Pengertian Email

Contoh alamat email adalah penemuanterbaru1@gmail.com , Keterangan :
  • penemuanterbaru1 : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
  • gmail.com: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
  • gmail: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain
  • com: menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial)
Sebuah alamat email terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik email tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (gmail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat email (mail server) tersebut disimpan.

Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Istilah-istilah dalam Email
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan email adalah:
Pengertian Email
  • Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
  • Sign In : Pemilik email dapat masuk ke emailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
  • Compose : Menulis surat baru
  • Inbox : Surat yang masuk ke pemilik email
  • To : Surat akan dikirim ke alamat email yang dituju
  • CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
  • BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
  • Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
  • Sent : Surat yang terkirim
  • Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
  • Reply : Membalas surat yang diterima
  • Trash : Melihat email yang telah dihapus
  • Bulk : Melihat email yang dicurigai sebagai spam
  • Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
  • Attachment : Fasilitas pada sebuah program email baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada email yang akan di kirim.

Manfaat dan Kegunaan dari Sebuah Email

1. Media komunikasi
Email atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).

2. Media pengiriman
Dengan email anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat email, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan email anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.

3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui email sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat email anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar email pelanggan yang ada.

5. Media informasi
Melalui email, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.

6. Membuat blog atau website
Dengan email anda bisa membuat blog dan website.

7. Sosial media
Dengan email, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan email itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Email dan Istilah-istilah serta Manfaat dalam Sebuah Email, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Lihat juga:

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status