Siapakah Itu Jane Jacobs yang Dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016

Siapakah Itu Jane Jacobs yang Dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016Ada banyak yang bertanya, siapakah itu Jane Jacobs yang dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016? begitupun dengan penulis sendiri. Tepatnya pada 4 mei 2016 ini Google secara khusus hari ini memasang doodle Jane Jacobs. Wajah Jane Jacobs terpampang di halaman pertama google, coba sahabat cek halaman utama Google.co.id.
Siapakah Itu Jane Jacobs yang Dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016
Jane Jacobs yang Dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016

Siapakah Itu Jane Jacobs yang Dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016?

Jane Jacobs CC OOnt seorang wanita yang terlahir dengan nama Jane Butzner yang lahir di Scranton, Pennsylvania, 4 Mei 1916 serta meninggal di Toronto, 25 April 2006 pada umur 89 tahun. Jane Jacobs adalah seorang wartawan, penulis buku, dan aktivis berdarah Amerika Kanada yang dikenal sebagai pemikir di bidang studi urban. Pemikiran tersebut tertuang dalam bukunya The Death and Life of Great American Cities yang terbit tahun 1961.

Dalam bukunya The Death and Life of Great American Cities, ia berpendapat bahwa pembaruan perkotaan tidak memikirkan kebutuhan bagi banyak penduduk asli kota tersebut. Buku ini juga memperkenalkan konsep ilmu sosiologi dalam perencanaan seperti "mata jalanan" (eyes on the street) dan modal sosial.

Jane Jacobs Pencetus Gerakan Akar Rumput

Jane Jacobs juga dilkenal sebagai pencetus gerakan akar rumput untuk menentang penggusuran di permukiman tempat ia tinggal, Greenwich Village di New York City, Amerika Serikat. Penggusuran itu direncanakan dilakukan sebagai daerah pembangunan Jalan Bebas Hambatan Lower Manhattan yang membentang dari SoHo dan Little Italy. Pembangunan ini mengakibatkan beberapa blok dari Greenwich Village harus dihancurkan, termasuk 132 keluarga harus keluar dari lingkungan tempat tinggal mereka.

Selain itu, 1.000 usaha kecil harus mengungsikan usahanya. Ia pun tidak sepaham dengan Robert Moses, perencana kota setempat yang terlibat dalam pembangunan jalan bebas hambatan ini. Ia pun harus dipenjara pada 10 April 1968 karena dituduh menghasut kerusuhan, kejahatan kriminal dan menghalangi administrasi publik. Dan akhirnya pada tahun 1968, Jane Jacobs pindah ke Toronto, Kanada dan melakukan hal serupa dalam menentang Jalan Bebas Hambatan Spadina yang direncanakan dibangun di kota itu.

Atas pemikiran dan aktivitasnya semasa hidup, Jane Jacobs dikenal sebagai salah satu perempuan berpengaruh dalam sejarah Amerika dan dunia. Jane Jacobs memberikan perhatian besar terhadap perkembangan masyarakat perkotaan yang terdampak kemajuan teknologi dan industri. Tak heran jika hari ini, google memberikan kredit khusus kepada Jane Jacobs melalui Google doodle bergambar wajahnya lengkapnya gedung-gedung perkotaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah urban adalah salah fokus pemikiran dan kegelisahan Jane Jacobs.
Lihat juga:
Nach sekarang sahabat sudah tahukan Siapakah Itu Jane Jacobs yang Dijadikan Google Doodle 4 Mei 2016!. Demikian info kali ini dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. - Penemuan Terbaru

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status