Macam macam Gaya Lompat Jauh Lengkap Teknik Cara Melakukannya

Macam macam Gaya Lompat Jauh - PenemuanTerbaru.com kali ini akan berbagi penjelasan seputar olahraga mengenai Macam-macam Gaya Lompat Jauh. Lompat jauh merupakan salah satu olahraga bergendre atletik yang dimainkan oleh seseorang dengan menempuh sebuah lintasan dan kemudian bertumpu pada tolakan yang telah disediakan dan kemudian melompat untuk mencapai lompatan terjauh di atas pasir yang tentunya aman bagi atlit. Secara umum ada tiga jenis gaya dalam lompat jauh yang sering digunakan dalam lomba resmi baik yang berskala Nasional maupun yang berskala Internasional, yaitu gaya jongkok, gaya melayang, dan gaya berjalan di udara.
Macam macam Gaya Lompat Jauh
Macam macam Gaya Lompat Jauh
Lihat juga:

Macam macam Gaya Lompat Jauh

Selain macam-macam gaya dalam lompat jauh, juga kami akan berbagi bagaimana teknik cara melakukan setiap gaya lompat jauh. Nach untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya:

1. Gaya Jongkok (Gaya Ortodok)

Untuk gaya lompat jauh yang pertama adalah gaya orthodok, dimana gaya lompat jauh ini sendiri berfungsi supaya bisa mendapatkan kecepatan maksimal saat ingin melompat, dan lari secepatnya dari jarak 40 hingga 45 m dilintasan. Saat melakukan yang namanya tolakan, biasanya kaki yang digunakan adalah kaki yang terkuat dengan posisi badan yang lebih ditegapkan, serta kedua tangan di angkat ke atas. Ketika ingin mendarat, diawali dengan menggunakan tumit kaki yang sedikit ditekuk.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara melakukan lompat jauh dengan gaya Jongkok:
Macam macam Gaya Lompat Jauh
Teknik Gaya Jongkok

a. Awalan

Tahapan pertama dari  lompat jauh menggunakan gaya jongkok ini adalah awalan, dimana para pelompat harus melakukan awalan dengan cara berlatri sprint, supaya bisa berkonsesntrasi saat ingin melakukan yang namanya tolakan. Pastikan juga kalau kecepatan lari saat awalan ini tidak berkurang dan tetap konsistent.

b. Tumpuan

Selanjutnya adalah melakukan yang namanya tumpuan, dimana tumpuan ini sendiri merupakan perpaduan dari lari dan melayang.  Ketepatan saat melakukan tumpuan ini pun di tentukan oleh besarnya tenaga tolakan yang sudah dihasilkan oleh kaki supaya hasil lompatannya pun lebih maksimal lahgi. Tumpuan ini sendiri bisa digunakan pada kaki kanan ataupun kiri, tergantung kaki mana yang lebih nyaman ataupun kuat untuk dipakai saat ingin bertumpu. Saat ingin melakukan tumpuan, pastikan kalau tubuh condong kearah depan, dengan tubuh yang dibuat lebih tegap. Sudut dari tumpuan ini sekitar 50 hingga 60 derajat.

c. Melayang

Gerakan melayang ini sendiri dilakukan saat pelompat sudah menumpu pada balok tumpuan, lalu posisi badan dibuat condong kearah depan, supaya terangkat melayang keudara, dengan mengangkat kedua lengan keatas. Selain itu juga kaki tumpuan pun harus diluruskan, dan pada saat sudah melayang badan dibuat lebih rileks lagi, supaya hasil lompatan menjadi lebih maksimal lagi. Kemudian saat berada diudara maka harus melakukan yang namanya sikap jongkok, dan kaki diayunkan kearah depan supaya bisa membantu mengangkat titik berat tubuh.

d. Mendarat

Tahapan yang terakhir adalah dengan melakukan yang namanya pendaratan, dimana saat ingin mendarat ini maka pelompat harus menjulurkan keudara kedua tangannya  sejauh mungki, supaya tubuh tidak kehilangan yang namanya keseimbangan. Badan pun harus dibungkukkan  dan tangan juga dijulurkan kearah depan, ketika sudah waktunya melakukan pendaratan maka lutut pun dibengkokkan .

2. Gaya Menggantung (Gaya Schnepper)

Selanjutnya adalah gaya Schnepper atau yang sering juga disebut dengan gaya menggantung, dimana gaya lompat jauh ini sendiri tidak mengubah kecepatan ketika kaki akan bertumpu pada papan tumpua, dan posisi badan pun dibuat lebih tegap. Gerakan kaki dibuat mengayun kebelakang, serta kedepan, bersama dengan kedua lengan. Ketika ingin melakukan pendaratan maka kedua kaki diluruskan kedepan dan mendarat dengan menggunakan kedua tumit terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara melakukan lompat jauh teknik gaya menggantung:
Macam macam Gaya Lompat Jauh
Teknik Gaya Menggantung
  1. Melayang ataupun sikap badan diudara ini sendiri adalah sikap saat pelompat ini menumpu pada balok tumpuan, dan badan pun akan terangkat di udara dengan sikap menggantung. 
  2. Ketika gerakkan melayang sudah dilakukan maka kaki pun diangkat ke depan setelah itu kaki pun diayunkan kembali ke bagian belakang bersamaan dengan kaki yang ditekuk.
  3. Kemudian sikap badan pun dibusungkan ke depan atau dibuat melenting ke belakang.
  4. Lalu lengan diayunkan ke atas belakang, dengan kepala yang ditengadahkan.
  5. Setelah itu barulah melakukan yang namanya gerakan pendaratan. Supaya bisa menghasilkan lompatan yang sejauh mungkin.

3. Gaya Berjalan di Udara

gaya lompat jauh selanjutnya adalah berjalan di udara atau yang sering juga disebut dengan walking in the air. Melakukan lari ancang-ancang sekitar 10 langkah, lalu tambah kecepatan lari sebelum melakukan tolakan, pinggang sedikit diturunkan, paha kaki diayunkan secara bebas dengan meluruskan lutut, sendi mata kaki, serta pinggang ketika waktu bertolak.

Kemudian melayang diudara, dengan menarik kaki yang bertolak kedepan. Saat ingin mendarat lengan dan tubuh ditarik kedepan dan bawah, lalu kaki diulurkan sesaat. Teknik melayang diudara ini sendiri hampir sama dengan gerakan ataupun sikap badan yang sedang  berjalan diudara. Namun tentu saja harus benar-benar memperhatikan yang namanya tekhnik dasarnya juga seperti awalan, tolakan, melayang dan mendarat. Supaya hasil yang didapatkan juga menjadi lebih maksimal lagi.

Untuk lebih jelasnya, berikut teknik cara melakukan gaya berjalan di udara:
Macam macam Gaya Lompat Jauh
Teknik Gaya Berjalan di Udara

a. Awalan

Tahapan pertama saat ingin melakukan gaya lompat jauh berjalan di udara ini adalah awalan, dimana awalan ini sendiri merupakan salah satu awalan saat ingin melakukan lomapat jauh. Pastikan kalau jarak untuk melakukan awalan cukup memadai dilakukan. Biasanya para pelompat sudah memiliki naluri untuk melakukan awalan yang tepat. Perhatikan juga yang namanya akselerasi, energi dan kecepatan saat melakukan yang namanya awalan.

b. Tumpuan

Selanjutnya adalah tumpuan, dimana saat ingin melakukan tumpuan  ini bisa digunakan oleh kaki kanan ataupun kiri, tergantung dari kaki mana yang lebih nyaman dan kuat digunakan oleh para pelompat. Saat kaki akan menumpu kebalok,  maka badan pun harus lebih dicondongkan kearah depan, supaya keseimbangan tubuh tetap terjaga. Pandangan pun harus lurus kedepan dengan kedua lengan tetap berada disamping badan.

c. Melayang

Gerakan melayang ini sendiri dilakukan setelah pelompat sudah menumpu pada bagian tumpuan, dan tubuh bisa diangkat keudara. Lalu sikap badan berjalan diudara dengan kaki yang saling mengayun. Namun selama kaki melakukan yang namanya mendarat, pastikan melakuakn posisi melayang selama mungkin, supaya hasil lompatan menjadi lebih maksimal lagi.

d. Mendarat

Tahap terakhir adalah dengan melakukan yang namanya pendaratan, dimana saat ingin melakukan yang namanya pendaratan ini maka pelompat harus melakukan  dengan kedua tangan  kearah depan dan kemudian menaruhnya kebelakang, dan kedua kaki dijulurkan kearah depan sejauh mungkin. Usahakan untuk mendaratkan kedua kaki secara bersamaan, supaya terhindar dari yang namanya cedera.

Nach demikian penjelasan mengenai Macam-macam Gaya Lompat Jauh lengkap dengan tehnik melakukannya yang dapat kami share pada kesempatan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Pustaka:
[Tutorial Olahraga]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter