Teknik Dasar dan Cara Melakukan Guling Lenting (Neckspring) dengan Benar

Guling Lenting - Salah satu olahraga yang dikategorikan senam lantai yaitu guling lenting. Melakukan gerakan guling ini tidak semudah yang dipikirkan oleh beberapa orang, dan juga tidak sesulit yang mungkin sahabat pikirkan. Nach kali ini Penemuan Tebaru akan berbagi ulasan bagaimana teknik dasar dan cara melakukan guling lenting dengan benar.

Guling Lenting

Untuk melakukan guling lenting, tentunya diperlukan latihan serta kemauan. Oleh karena itu berikut bagaimana cara melakukan gerakan guling ini atau yang biasa diistilakan Neckspring:

Teknik Dasar dan Cara Melakukan Guling Lenting (Neckspring) dengan Benar

Pengertian guling lenting (neckspring) adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus. Berikut teknik cara melakukan latihan gerakannya:
Catatan: Untuk melakukan gerakan ini, terdapat tiga pembagian keadaan atau posisi badan (sikap).
Guling Lenting
Teknik Dasar dan Cara Melakukan Guling Lenting
1) Sikap awal
  • Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus. Dengan melambungkan badan, letakkan kedua tangan di lantai kira-kira satu langkah dari kaki.
  • Kemudian letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan.
  • Kedua kaki dijaga agar tetap lurus.

2) Sikap pelaksanaannya
  • Ketika posisi untuk guling depan telah tercapai, segeralah pesenam mengguling ke depan.
  • Saat badan sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai.
  • Lecutan ini menyebabkan badan melenting ke depan.

3) Sikap akhir
  • Ketika layangan selesai, kedua kaki segera mendarat.
  • Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus.
  • Gerakan akhir adalah berdiri tegak.

Bentuk-bentuk Latihan Untuk Mahir Melakukan Gerakan Guling Lenting

Guling Lenting
1) Tahap 1
Tidur terlentang, kedua kaki lurus dan rapat, kedua tangan di sisi badan. Angkat kedua kaki ke belakang, kemudian lemparkan kedua kaki ke atas-depan, mendarat atas kedua ujung kaki dengan mengangkat panggul, pinggang tinggi dari lantai (membusur). Bagi yang belum dapat mengangkat panggul, pinggang tinggi membusur, kedua tangan dapat dipakai sebagai penopangnya.

2) Tahap 2
Melakukan kip dengan dibantu oleh dua orang teman. Tiap teman berdiri di satu sisi dengan memegang satu tangan kamu yang melakukan. Pada saat gerakan kip, kedua teman bersama-sama membantu mengangkat kedua tangan tersebut ke arah depan atas.

3) Tahap 3
Melakukan latihan di atas peti lompat atau matras yang disusun tinggi ± 50/80 cm. Latihan dilakukan dengan diawali setengah guling depan, lakukan dengan bantuan teman saat pendaratan.
Baca: Cara Senam Lantai Gerak Dominan Guling Depan (Forward Roll) yang Baik dan Benar.
Guling Lenting
Nach jika sahabat telah mahir dan merasakan perkembangan dalam melakukan gerakan guling lenting, sahabat tinggal mengulanginya secara kontinyu sampai benar-benar dikuasai. Nach sahabat juga harus memperhatikan pemanasan saat sebelum melakukan latihan agar cedera dapat dihindari.

Kesalahan-kesalahan dalam Melakukan Guling Lenting

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan guling lenting antara lain sebagai berikut:
  1. Pada saat kedua kaki dilemparkan, kedua lutut bengkok.
  2. Kedua kaki terbuka/tidak rapat.
  3. Badan kurang melenting, atau terlalu melenting (membusur).
  4. Kurang tolakan tangan.
Demikian ulasan kali ini mengenai bagaimana teknik dasar dan cara melakukan guling lenting dengan benar. Semoga ulasan yang kami bagikan di atas dapat memberikan manfaat serta dapat dengan mudah untuk diaplikasikan dalam praktek gerakan yang hendak sahabat lakukan.

[Teknik Dasar dan Cara Melakukan Guling Lenting dengan Benar dalam PenemuanTerbaru.com]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter