Cara Mudah Membuat Masker Asap dari Barang Bekas

Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas – Kali ini Penemuanterbaru.com akan berbagi tips mengenai bagaimana cara membuat masker asap dari barang bekas. Sebaran asap dari kebakaran hutan dan lahan yang kini dirasakan oleh saudara kita di Sumatera, Kalimantan, dan kini telah melanda pulau Sulawesi dan telah menyebar luas di beberapa wilayah. Kabut asap yang sebelumnya menimpa beberapa kota seperti Riau, Jambi, Palangka Raya, Pontianak, Palembang, dan Lampung; bahkan sekarang kabut asap tipis sempat mencapai Jakarta dan pulau Sulawesi.

Apa yang telah sahabat lakukan dalam menyikapi bencana kabut asap ini? Daripada sahabat sibuk menyindir pemerintah di media sosial atau lewat DP BBM, lebih baik sahabat bertindak dan coba membuat masker darurat sederhana sebagai pencegahan gangguan pernafasan.

Sebagai generasi muda, sahabat sudah seharusnya peduli pada isu nasional. Sebagaimana dalam Sumpah Pemuda tertuang bahwa kita adalah satu bangsa, bangsa Indonesia. Jadi, bencana kabut asap Riau dan kota lainnya, haruslah menjadi perhatian kita sebagai bangsa Indonesia.

Karena pekatnya kabut asap di Riau, Palangka Raya, dan kota lainnya, masker standar biasa yang sekali pakai sudah tidak mampu melawan efek asap sehingga terasa masuk ke rongga pernafasan. Dampaknya, gangguan pernafasan banyak melanda warga. Mengingat kabut asap yang tebal, maka opsi untuk bolak-balik membeli masker bukanlah pilihan bijak karena bisa memperburuk keadaan.

Maka opsi pembuatan masker darurat untuk mendapatkan udara yang lebih bersih harus diupayakan. Meski penggunaan masker tidak nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang, tapi masker sangat penting untuk mencegah gangguan pernafasan.

Nach berikut bagaimana Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas:

Alat dan Bahan:
Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas
  • Botol bekas air mineral berukuran sedang
  • Botol bekas air mineral atau minuman bersoda ukuran besar
  • Handuk kecil atau kain tebal
  • Kapas
  • Selotip
  • Alat pemotong (gunting atau cutter)

Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas


1. Potong 3/4 bagian bawah dari botol air mineral yang berukuran sedang.

2. Selanjutnya, silakan sahabat lubangi sekeliling bagian bawah botol yang tadi sahabat potong. Semakin banyak lubang, akan semakin bagus untuk sirkulasi udara.


3. Silakan basahi handuk kecil atau kain tebal yang tadi disiapkan, lalu peras. Kemudian gulung kapas dengan handuk basah.


4. Masukan handuk kecil atau kain tebal yang telah diisi kapas tadi pada botol yang telah dilubangi tadi. Pastikan gulungan handuk tersebut menempel pada bagian tepi botol yang dilubangi, tujuannya agar berfungsi maksimal sebagai filter.
Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas

5. Rekatkan kembali potongan atas botol yang tadi dipotong dengan botol yang telah dilubangi dan diisi handuk menggunakan selotip. Setelah ini, maka persiapan membuat filter telah selesai.

6. Selanjutnya, potong menyamping bagian atas botol air mineral atau minuman bersoda yang ukuran besar. Botol ini digunakan sebagai alat hisap, jadi sahabat sesuaikan saja kemiringannya kira-kira pas untuk digunakan menghisap.
Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas

7. Setelah filter dan penghisap siap, tinggal sahabat rekatkan ujung leher botol mineral kecil dengan leher botol besar yang telah sahabat potong tadi. Selesai.

8. Agar tidak merasa sakit akibat tepian botol yang telah dipotong, sahabat bisa melapisi pinggiran hasil potongan di bagian penghisap dengan selotip.
Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas


Nach itulah bagaimana Cara Membuat Masker Asap dari Barang Bekas yang dapat sahabat jadikan sebagai pedoman dalam memanfaatkan barang bekas menjadi lebih berguna dalam kehidupan terutama saat ini maraknya kebakaran hutan atau lahan, baik karena gejala alam maupun karena ulah manusia yang tidak bertanggungjawab. Namun marilah bersama-sama kita berdoa semoga kita mendapatkan lindungana dari Allah SWT.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel