Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop

Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada LaptopPenemuanTerbaru.com berikut ini share info Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop. Peredaran Windows bajakan di Indonesia sudah sangat menjamur bahkan sulit untuk diatasi. Pasalnya selain gratis, Windows bajakan juga sangat mudah didapatkan. Banyak toko-toko software yang juga menjual Windows ilegal ini.
Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop
Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop
Bukan hanya offline, saat ini toko-toko online juga membuat peredaran Windows bajakan sulit untuk dibatasi. Memang harga yang ditawarkan sangat jauh jika dibandingkan dengan harga Windows original. Tapi tahukah kalian di balik murahnya Windows bajakan ada banyak sekali bahaya yang mengintai? Berikut ini adalah bahaya dan efek negatif yang akan kalian alami ketika menggunakan Windows bajakan.

Ada 10 Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop

Ada beberapa dampak negatif yang dapat timbul ketika menggunakan Windows bajakan pada laptop sahabat, berikut ulasannya:

1. Muncul Pesan Mengganggu dari Windows

Jika kalian menggunakan Windows bajakan pada komputer, kalian akan mendapatkan pesan atau pemberitahuan yang cukup mengganggu dari Windows. Pesan tersebut berisikan pengingat agar kalian membeli Windows original. Nah biasanya pesan tersebut muncul dalam jangka waktu tertentu.

2. Komputer Tidak Bisa Digunakan

Menggunakan Windows bajakan bisa berisiko membuat komputer tidak bisa digunakan. Misalnya jika kalian menggunakan Windows 7 maka akan muncul peringatan berupa watermark dan wallpaper berubah jadi hitam. Apalagi jika kalian masih menggunakan Windows XP. Windows ini memiliki proses Genuine Advantage dan menyebabkan user terkunci dan tidak bisa menggunakan komputer miliknya.

3. Fitur tidak Bekerja Optimal

Menggunakan Windows bajakan juga bisa membuat fitur tidak dapat berjalan dengan optimal. Ada beberapa fitur pada Windows yang hanya dapat digunakan pada versi original. Contohnya pada Windows 8, ada beberapa pengaturan yang dikunci seperti mengganti background untuk start screen dan ada juga fitur sync yang tidak bisa digunakan dan masih banyak lagi.

4. Minim Keamanan - Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop

Windows update sebenarnya bertugas untuk membuat OS lebih optimal. Update ini juga sangat berperan untuk memerbarui keamanan agar terhindar dari virus, bug, dan lainnya. Namun Windows bajakan tidak akan bisa digunakan untuk update sehingga keamanan Windows menjadi rentan dan mudah diserang.

5. Tidak Ada Jaminan Privasi

Windows bajakan bisa dengan mudah dibeli di mana saja. Kita juga tidak pernah tahu siapa sebenarnya yang membuat copy Windows bajakan tersebut. Nah, ada juga kemungkinan Windows tersebut telah disusupi software jahat yang mengganggu privasi kita. Bisa saja orang jahat memata-matai dan memanfaatkan data yang kita miliki pada komputer.

6. Bisa Merusak Komputer

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Windows bajakan adalah hasil kerja tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Kita sendiri sulit untuk mengetahui apakah ada software jahat tertentu pada Windows bajakan tersebut. Ketika kita menginstal, bisa saja ada hal jahat yang menyebar pada komputer dan bisa merusaknya.

7. Bisa Terkena Razia Perangkat Ilegal

Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop berikutnya yaitu Bisa Terkena Razia Perangkat Ilegal. Software ilegal tentu melanggar hukum. Aparat juga tidak jarang melakukan penegakan hukum untuk hal ini. Biasanya kerap terjadi razia-razia yang mengincar pengguna software ilegal yang salah satunya adalah Windows bajakan ini. Nah, sangat berisiko kalian bisa terjaring razia ini dan bisa masuk penjara.

8. Kinerja Komputer yang Kacau

Windows ilegal bisa mengandung banyak virus berbahaya dan hal ini bisa membahayakan komputer yang kalian gunakan. Virus yang menginfeksi bisa merusak hal-hal tertentu yang sangat vital pada komputer dan jika itu terjadi, kinerja komputer akan sangat terganggu dan menjadi kacau.

9. Bahaya Hacker

Dan Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop yang terakhir yakni adanya bahaya hacker. Hacker merupakan salah satu ancaman di dunia maya. Nah dengan menggunakan Windows bajakan, ancaman ini bisa menjadi semakin besar. Jika sudah disusupi hacker, akan sangat bahaya untuk data dan seluruh sistem pada komputer yang kalian gunakan. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan Windows original.

10. Merupakan Pelanggaran Hukum

Menggunakan software ilegal tentu saja sudah melanggar hukum. Di negara manapun hal ini pasti dilarang dan menjadi incaran para penegak hukum. Pengguna Windows ilegal tentu saja bisa terjerat oleh hal ini dan hukumannya tentu adalah penjara.
Baca juga:
Nach demikian share tentang Dampak Negatif dari Penggunaan Windows Bajakan pada Laptop, semoga berkah dan bermanfaat bagi kita semua.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status