Penemuan Berlian Terbesar di Dunia Tahun 1905, 2015, dan 2017

Penemuan Berlian Terbesar di Dunia - Sahabat penemuanterbaru.com kali ini akan berbagi info mengenai adanya penemuan-penemuan berlian dengan ukuran terbesar di dunia. Berlian yang kami maksud pada kesempatan kali ini merupakan berlian yang ditemukan di tahun 1905, 2015, dan baru-baru ini di tahun 2017. Tiga berlian tersebut diantaranya berlian ditemukan di Kono, Sierra Leone; berlian ditemukan di Botswana; dan berlian Culinan yang ditemukan di Afrika Selatan.
Penemuan Berlian Terbesar di Dunia Tahun 1905, 2015, dan 2017

1) Berlian Ditemukan di Kono, Sierra Leone (Tahun 2017)

Salah satu berlian terbesar di dunia yang baru-baru ini ditemukan oleh Emmanuel Momoh, seorang pendeta asal Sierra Leone. Ia menemukan berlian seberat 706 karat di wilayah timur negeri itu yakni di Kono. Berlian tersebut terlihat bening bercampur warna agak kekuningan emas. Berlian tersebut diyakini menjadi salah satu berlian paling besar di dunia yang pernah di temukan sampai tahun 2017 ini.
Penemuan Berlian Terbesar di Dunia Tahun 1905, 2015, dan 2017
Seperti diberitakan Reuters, gambar berlian tersebut diunggah ke situs kantor Kepresidenan Sierra Leone, sejak pekan lalu. Berdasarkan keterangan sejumlah sumber di pemerintahan, berlian itu kini disimpan di kantor bank sentral Sierra Leone. Saat ini keberadaan berlian tersebut di bawah pengawasan presiden. Seorang pejabat lokal di Kono menyerahkan berlian itu kepada Presiden Ernest Bai Koroma, mewakili Emmanuel Momoh. Selanjutnya, Pemerintah Sierra Leone berencana melelang berlian tersebut. Dalam pernyataan tertulisnya, Presiden Karoma menyampaikan ucapan terimakasih atas peran pejabat lokal yang lekas menyerahkan berlian itu kepada pemerintah, dan tidak menyelundupkannya.

2) Berlian Ditemukan di Botswana (Tahun 2015)

Penemuan Berlian Terbesar di Dunia Tahun 1905, 2015, dan 2017
Sebuah berlian dengan kadar karat mencapai 1,111 karat berhasil ditemukan di sebuah tambang di Botswana dan menjadikannya sebagai berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam satu abad terakhir. Berlian itu ditemukan di tambang Karowe milik perusahaan Lucara Diamond. Temuan ini menjadi batu berlian dengan kualitas terbesar kedua yang pernah ditemukan melalui fasilitas modern. Temuan berlian terbesar ini pun mendongkrak nilai saham Lucara di pasar saham Stockholm, Swedia.

3) Berlian Culinan Ditemukan di Afrika Selatan (Tahun 1905)

Penemuan Berlian Terbesar di Dunia Tahun 1905, 2015, dan 2017
Berlian Cullinan adalah berlian terbesar di dunia yang pernah ditemukan, dengan berat berlian mentahnya mencapai 3.106,75 karat atau setara dengan 621,35 gram. Ditemukan tanggal 26 Januari 1905, di tambang berlian milik perusahaan Premier Diamond Mining Company, tidak jauh dari Pretoria, Afrika Selatan.

Berlian Cullinan ditemukan oleh seorang buruh panambang, bernama Thomas Evan Powell, yang kemudian membawa ke atas dan diberikan kepada Pengawas Tambang, Frederick Wells. Berlian yang baru ditemukan tersebut, mempunyai ukuran panjang 98mm, lebar 57mm dan tinggi 67mm. Atas penemuan tersebut, Pengawas Tambang mendapatkan bonus sebesar GBP 3,500 dan berlian kemudian dibeli oleh Pemerintahan Koloni Transvaal sebesar GBP 150,000. Berlian tersebut akhirnya diberi nama Berlian Cullinan, merujuk kepada nama pemilik tambang Premier tempat ditemukannya, Sir Thomas Cullinan.

Setelah dibeli oleh Pemerintahan Transvaal, Perdana Mentri Transvaal pada waktu itu, Louis Botha, memberikan berlian tersebut kepada Raja Edward VII, dari Inggris, sebagai tanda kesetiaan dan keterikatan rakyat Transvaal kepada Kerajaan Inggris dan kepada Raja. Berlian ini dipotong menjadi beberapa bagian potongan dan salah satunya dipotong dengan bentuk kotak (rectangular cushion cut) seberat 317,4 carat, dijadikan permata di Mahkota Raja Inggris.
Lihat juga Penemuan Tapak Dinosaurus Terbaru Berusia 230 Juta tahun; serta Penemuan Charger Smartphone dari Cangkir oleh Mahasiswa.
Fantastis tentunya dari beberapa penemuan berlian terbesar di dunia tahun 1905, 2015, dan 2017. Bukan hanya dari segi estetika, namun nilai dari berlian tersebut sangatlah fantastis di mata dunia. Yap, demikian info kali ini, semoga bermanfaat.

Pustaka:
[Penemuan Berlian Terbesar di Dunia Tahun 1905, 2015, dan 2017 dalam Penemuan Terbaru]
[National Geographic Indonesia]
[Sindonews Indonesia]
[Info Permata Berlian Indonesia]
[Foto dari Google Images]

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter