4 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2016 Silam

Penemuan Arkeologi – Kali ini PenemuanTerbaru.com akan berbagi informasi seputar penemuan arkeologi terbesar sepanjang tahun 2016 silam. Dari informasi yang dirangkum bahwa sepanjang tahun 2016 silam, para arkeolog telah berhasil menggali berbagai macam penemuan yang membuat dunia takjub. Dan beberapa diantaranya di luar dugaan. Namun tetap saja penemuan arkeologi terbesar sepanjang tahun 2016 silam masih menyimpan banyak pertanyaan di beberapa pihak.
Penemuan Arkeologi
Penemuan Arkeologi

Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2016 Silam

Berikut 4 penemuan yang kami bagikan khusus sahabat mulai dari mosaik bahtera Nabi Nuh, situs megalitik di Kazakhstan, makam perahu raja di Mesir, sampai penemuan Piramida yang di dalamnya terdapat piramida dan di dalamnya lagi ada piramida:

1. Penemuan Mosaik Bahtera Nabi Nuh

Penemuan Arkeologi

Mosaik yang menggambarkan kisah tentang bahtera Nuh ditemukan tahun 2016 silam dalam sebuah sinagoga kuno di situs Huqoq, Israel. Pada mosaik tersebut, batera Nuh terlihat dipenuhi berpasang-pasang hewan, termasuk singa, beruang dan macan tutul. Panel lain dari mosaik itu menggambarkan kisah terbelahnya Laut Merah, tentara-tentara Mesir kuno yang tenggelam bersama kereta mereka dan dimakan oleh ikan raksasa.

2. Penemuan Situs Megalitik di Kazakhstan

Penemuan Arkeologi

Tahun 2016 silam, para arkeolog mengumumkan penemuan kompleks batu berusia 1.500 tahun di Kazakhstan yang terbentang seluas 120 hektar. Meski masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menguak misteri kompleks batu ini, para arkeolog telah melaporkan beberapa penemuan awal. Di antaranya, penemuan pelana yang sebagian terbuat dari perak dan batu yang diukir dengan gambar berbagai senjata dan hewan. Dugaan sementara, kompleks ini mungkin dibangun oleh Hun, orang-orang yang berkelana melintasi Asia dan Eropa serta mengalami konflik dengan penduduk di bawah Kekaisaran Romawi kuno.

3. Penemuan Makam Perahu Raja di Mesir [Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2016 Silam]

Penemuan Arkeologi

Situs ini berisi kayu sisa-sisa perahu berukuran panjang 20 meter dan dinding makam yang menunjukkan 120 gambar perahu berbeda. Beberapa gambar hanya berupa garis sederhana seperti lambung kapal yang melengkung. Sementara sisanya tampak lebih rumit, dengan garis-garis yang membentuk kapal, layar dan tiangnya.

Peneliti menduga, perahu ini merupakan bagian dari pemakaman Raja Senwosret III, karena ditemukan tak jauh dari makamnya. Pada periode tertentu, masyarakat Mesir kuno memang mempraktikkan penguburan perahu dalam rangkaian upacara pemakaman kerajaan. Perahu tersebut memiliki peran simbolis sebagai bentuk pelayanan kepada raja di alam akhirat.

4. Penemuan Piramida yang di dalamnya Terdapat Piramida dan di dalamnya lagi ada Piramida

Penemuan Arkeologi

Baca Juga:
Arkeolog menemukan piramida El Castillo di Chichen Itza, Meksiko, yang sebenarnya mengandung dua lapisan piramida lain di dalamnya. Piramida terluar dibangun pada suatu waktu antara tahun 950-1000 M, sementara piramida di lapisan tengah dibangun antara tahun 850-900, dan piramida paling dalam dibangun antara tahun 600 dan 800.

Dalam upaya menemukan piramida tersebut, para arkeolog melakukan survey resistivitas listrik pada piramida terluar. Resistivitas listrik umum digunakan sebagai teknik dalam arkeologi, karena dapat menembus struktur bangunan, tanah, dan hambatan yang ditemui oleh arus tersebut dapat diukur. Pengukuran ini kemudian dapat digunakan untuk membantu menentukan apa yang ada di bawah permukaan.

Nach itulah informasi beberapa Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2016 Silam yang dapat kami share kepada sahabat kali ini. Semoga info tersebut dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan sahabat terutama dalam bidang Arkeologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel