Penemu Game Pokemon GO serta Perjalanan Keberhasilannya

Penemu Game Pokemon GO – Tahukah sahabat yang menjadi Penemu Game Pokemon GO atau Creator utama dari game yang lagi naik daun ini. Yang menjadi Penemu Game Pokemon GO atau creator utama adalah seorang pria kelahiran San Fransisco Amerika Serikat yang bernama lengkap John Hanke. Bukan waktu yang singkat untuk bisa merilis game Pokémon GO ini. Butuh waktu bersabar selama 20 tahun sebelum mencapai sukses dengan game ciptaannya ini.
Penemu Game Pokemon GO
Penemu Game Pokemon GO [John Hanke]

Perjalanan Pencapaian Kesuksesan Penemu Game Pokemon GO John Hanke

Hanke tumbuh di Cross Plains, Texas. dia mendapatkan gelar sarjana (Plan II Honors) dari Universitas Texas, Austin. Saat sebagai mahasiswa di UT, Hanke memimpin pembicara komite Distinguished Speakers Committee dan membawa pembicara seperti Jeane Kirkpatrick, Kurt Vonnegut, Jr., Dith Pran, dan lain-lain untuk berbicara dalam kuliah umum di kampusnya. Hanke mendapatkan gelar MBA-nya dari Haas School of Business di Universitas California, Berkeley, dia bekerja di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat di Washington D.C dan Myanmar.

Setelah wisuda, Hanke kemudian mulai membantu dua perusahaan yang sukses di bidang perangkat lunak hiburan, Archetype Interactive dan Big Network. John Hanke juga bekerja di salah satu perusahaan pengembang game online MMOs atau disebut Meridian 59.

Perjalanan Hanke dalam membuat game telah dimulai sejak 1996, sewaktu ia masih di bangku kuliah. Game pertama yang diciptakan dengan genre MMO (massive multiplayer online) adalah Meridian 59. Lalu game tersebut dijual kepada perusahaan 3DO agar dirinya fokus ke proyek selanjutnya.

Karya Hanke selanjutnya adalah game Keyhole dengan konsep AR pertama di dunia. Di game ini, ia memungkinkan pemain menikmati gabungan konsep pemetaan dunia dari udara secara 3D. Upayanya berbuah manis karena Google meliriknya.

Raksasa teknologi dunia itu membeli karya Keyhole miliknya dan kemudian mengubah namanya menjadi Google Earth sejak 2005. Hingga tahun 2010, Hanke bekerja di tim Google Geo untuk menciptakan Google Maps dan Google Street View.

Dari pengalamannya dalam memetakan dunia, akhirnya ia membentuk Niantic Labs, tim developer yang dibiayai Google untuk membangun game dengan konsep pemetaan. Pemilihan namanya pun tidak sembarangan.

Pemilihan Nama Niantic LabsSebagai Developer Game Pokémon GO

Nama Niantic Labs terinspirasi dari kapal besar bernama Niantic selama masa penambangan emas dan berpengalaman terseok-seok di lautan. Dari proses tersebut akhirnya terbentuk San Fransisco. Dunia nampak keren terlihat dari atas, meski melalui internet. Dan kamu tidak pernah mengetahui kapan kesuksesan akan tercipta dari hal itu.
Penemu Game Pokemon GO
John Hanke Sang CEO Niantic Labs
Langkah selanjutnya yang ditempuh John Hanke adalah membuat game pertama Niantic Labs dengan judul Ingress di tahun 2012. Game ini berawal dari keinginan Hanke saat pergi berangkat dan pulang bekerja di Google untuk bisa menampilkan suasana yang berbeda melalui layanan berbasis lokasi.

Kemudian di 2014 Google dan Hanke membuat lelucon untuk menangkap Pokémon melalui aplikasi Google Maps. Dari yang awalnya sekadar lelucon ini, Hanke berpikir untuk merealisasikan idenya menjadi game.

Awal pembuatan Pokémon GO berawal dari dari titik-titik lokasi yang paling banyak digunakan oleh pemain Ingress dan menjadikan titik tersebut menjadi Pokéstop dan Gym di Pokémon GO. 

Peluncuran Game Online Pokémon GO

Dalam mengembangkan game tersebut, ia mengantongi pendanaan sebesar US$25 juta (sekitar Rp327,3 miliar) dari Google, Nintendo, Pokémon Company, dan investor lainnya. Lalu dari Desember 2015 hingga Februari 2016 Hanke mengembangkan game Pokémon Go bersama dengan 40 orang tim di dalamnya.

Akhirnya pada 6 Juli 2016 Hanke resmi meluncurkan Pokémon Go di Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Sejak peluncurannya, saham Nintendo meroket naik hingga US$12 miliar (sekitar Rp157 triliun) dan mendapat keuntungan lebih dari US$2 juta (sekitar Rp26 miliar) melalui in-app purchase dalam semalam. Boom Luar biasa!

Fenomena kesuksesan game rilisan Juli 2016 Pokémon GO dalam semalam peluncurannya merupakan hasil 20 tahun pengalaman dari John Hanke. Selama dua dekade, Hanke berambisi untuk menciptakan game berbasis geo-tagging dan menjalani setiap pengalamannya bersama tim baru dan pengetahuan yang diraihnya.
Ingin Bermain Game Pokemon GO, baca:
Satu hal yang patut diambil dari perjalanan John Hanke adalah fokus pada ambisi dan terus berupaya untuk menggapainya. Mengejar passion, bila dilakukan secara total juga bisa menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan.

Itulah Penemu Game Pokemon GO serta perjalanan kesuksesan game yang digawangi oleh John Hanke ini. Bukan tidak mungkin dan itu semua hasil dari kegigihannya. Super, dan semoga info yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi kita semua. – PenemuanTerbaru.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel