Cara Menghilangkan Gagap pada Anak

Cara Menghilangkan Gagap pada AnakPenemuanTerbaru.com kali ini akan share info kesehatan mengenai bagaimana Cara Menghilangkan Gagap pada Anak. Memang pada anak-anak merupakan hal yang biasa bila mereka mengalami gangguan bicara seperti ada jeda saat berbicara, bila berbicara tidak lancar atau bahkan gagap saat berbicara. Hasil penelitian menunjukkan sekitar 5% anak menderita kegagapan pada masa perkembangannya, khususnya anak pada usia pra sekolah. Hal ini biasanya terjadi tanpa sebab yang pasti, kadang-kadang hal ini juga terjadi karena anak terlalu bersemangat, lelah ataupun tergesa-gesa saat berbicara.
Cara Menghilangkan Gagap pada Anak
Cara Menghilangkan Gagap pada Anak
Banyaknya ketidaklancaran berbicara yang ditunjukkan anak bukanlah menjadi indikasi penting untuk memutuskan apakah anak tersebut gagap. Namun ada pendapat yang menyatakan, jika anak mengalami kegagapan pada 10 kata dari 100 kata yang diucapkan dapat diindikasikan sebagai tanda bahwa anak mengalami kegagapan. Namun masih banyak juga faktor lain yang harus dipertimbangkan, juga membutuhkan tenaga ahli yang tepat untuk mendapatkan diagnosis dan solusi yang tepat, misalnya dari terapis wicara yang sudah terlatih.

Cara Menghilangkan Gagap pada Anak

Nach berikut ini beberapa cara menghilangkan gagap pada anak yang dapat sahabat terapkan:
  1. Para orangtua harus mulai memperlambat pengucapan kata-kata saat sedang berbicara dengan anak. Sebaiknya berbicaralah dengan kalimat yang lebih pendek dan sederhana, serta berikan pula jeda saat Sahabat ingin menjawab pertanyaannya.
  2. Sisihkanlah beberapa menit dari waktu Sahabat untuk sekedar berbicara santai dalam suasana yang lebih rileks pada anak setiap harinya.
  3. Saat anak sedang berbicara, cobalah untuk mendengarkan apa yang ingin anak sampaikan tanpa menyela pembicaraannya atau bantulah anak untuk menyelesaikan kalimatnya. Hal ini dilakukan agar anak tahu bahwa Sahabat mengerti apa yang ingin diucapkannya.
  4. Cobalah untuk menerapkan pola hidup yang tidak terburu-buru di dalam rumah.
  5. Saat Sahabat menyadari bahwa anak Sahabat kesulitan dalam berbicara, usahakan jangan terlalu banyak mengoreksi kata-katanya. Karena hal ini akan dikhawatirkan dapat membangkitkan kesadaran anak bahwa ia mengalami kegagapan saat berbicara.
  6. Sahabat juga dapat menyesuaikan gaya bicara Sahabat dengan anak agar anak merasa lebih nyaman dengan gaya bicaranya. Contohnya Sahabat boleh menyisipkan sedikit ketidaklancaran saat sedang berbicara. Hal ini dilakukan agar anak memahami bahwa kadang terjadinya kesalahan dalam berbicara itu merupakan hal yang wajar.
  7. Jangan pernah memaksakan anak Sahabat untuk berbicara di depan umum bila anak tidak bersedia.
  8. Hal-hal yang telah disebutkan di atas juga penting untuk dilakukan oleh orang-orang yang ada di sekitar anak (seperti anggota keluarga, guru dan teman-teman di lingkungannya) untuk menjaga kepercayaan diri anak walaupun gagap dalam berbicara.

Penyebab Gagap - Cara Menghilangkan Gagap pada Anak

Sebenarnya ada beberapa penyebab terjadinya gagap pada anak, berikut penyebabnya:

Cara Menghilangkan Gagap
  1. Faktor genetika diyakini memegang peranan penting karena gagap biasanya menurun dalam keluarga. Dimana hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak gagap yang juga memiliki riwayat anggota keluarga yang mengalami kegagapan pada waktu kecil atau bahkan masih mengalami kegagapan hingga usia dewasa.
  2. Faktor tumbuh kembang sang anak juga diyakini memberikan peranan. Contohnya saat anak dalam masa pra sekolah, anak biasanya mengalami perkembangan yang pesat dalam berbagai hal seperti perubahan fisik, peningkatan kemampuan kognitif, perkembangan dalam kehidupan sosial dan mengekspresikan emosi serta peningkatan kemampuan berbicara dan berbahasa. Adanya gangguan dalam proses perkembangan anak yang pesat ini juga berpengaruh besar dalam menimbulkan kegagapan pada anak.
  3. Faktor lingkungan yang kurang mendukung kemampuan berbicara anak. Misalnya contoh perilaku yang ditunjukkan oleh orangtua, lingkungan yang kurang memahami gaya berbahasa anak serta kejadian-kejadian menegangkan yang membuat anak menjadi takut untuk berbicara. 
  4. Faktor terakhir ialah kecenderungan timbulnya rasa cemas dan takut yang berlebih dari sang anak untuk berbicara serta kekhawatiran berlebih yang beranggapan anak akan gagap juga ditakutkan akan memperburuk kondisi sang anak.
Nach itulah bagaimana Cara Menghilangkan Gagap pada Anak yang dapat kami share pada kesempatan ini. Demikian dan semoga bermanfaat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Science Blogs blog search directory Blog Directory & Search engine top sites Top  blogs DMCA.com Protection Status